KARAKTERISTIK publik kawasan kampung menghadapi perubahan fisik kota dalam konteks perkembangan fasilitas lingkungan pendidikan (studi kasus : kawasan kampung kota di lingkungan Universitas Komputer Indonesia, Jl Dipati Ukur, Bandung) : laporan penelitian

Dewiyanti Tantarto, Dhini (2007) KARAKTERISTIK publik kawasan kampung menghadapi perubahan fisik kota dalam konteks perkembangan fasilitas lingkungan pendidikan (studi kasus : kawasan kampung kota di lingkungan Universitas Komputer Indonesia, Jl Dipati Ukur, Bandung) : laporan penelitian.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Lingkungan hunian meruapakan bagian terbesar kawasan kota dan saat ini kawasan hunian kampung kota m enjadi masalah yang cukup serius dalam kehidupan kota. Masalah lingkungan kumuh akibat limpahan beragam perkembangan kota, masalah internal yang berkaitan dengan pesoalan sosial, ekonomi, disamping maslaah kondisi dasar fisiknya. Seiring dengan berdirinya kampus Universitas Komputer Indoensia, berdampak pada tergusurnya ruang-ruang publik dalam kampung kota di belakang jalan Dipati Ukur tersebut. Dengan berubahnya pala tatanan kampung, akan berubah pula pola mobilitas dan ruang sosialisasi mereka. Atau dengan kata lain, ruang-ruang positif yang memungkinkan terjadi interaksi diantara para warga akan turut berubah. Penelitian difokuskan pada ruang-ruang publik dan pola mobilitas penduduk sekitar kampus, agar dalam tahap perencanaan kampus, dapat diminimalisir dampak negatif yang muncul kepada warga sekitar. Dengan demikian akan terjadi hubungan harmonis antara warga dengan lingkungan kampus, agar saling memahami dan mendukung. Rangkuman hasil kesimpulan penelitian menghasilkan sebuah Model Area Ruang Publik dalam Lingkungan Sektiar Kampus UNIKOM, merupakan usulan zona ruang yang sebaiknya dipertimbangkan dalam perencanaan masterplan kawasan kampus UNIKOM.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Penelitian
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10058

Actions (login required)

View Item View Item