Pengaruh Costumer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rejeki Motor Bandung (dalam pembelian sepeda motor dan spare part)

Suherman, Sandi (2010) Pengaruh Costumer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Rejeki Motor Bandung (dalam pembelian sepeda motor dan spare part). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rejeki Motor merupakan salah satu dealer sepeda motor dan juga sekaligus tempat service yang memegang lisensi resmi dari distributornya. Banyaknya perusahaan yang terjun pada bisnis sepeda motor, tidak terlepas dari banyaknya tuntutan pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya sehingga persaingan menjadi semakin ketat. Dengan semakin ketatnya persaingan dalam memasarkan sepeda motor, pada akhirnya perusahaan yang memiliki program costumer relationship marketing yang baik akan mampu mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam mengkonsumsi produk yang kita pasarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan responden terhadap costumer relationship marketing di Rejeki Motor Bandung, untuk mengetahui bagaimana tingkat loyalitas pelanggan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh costumer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Rejeki Motor Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metote penelitian deskriptif dan verifikatif dengan sampel sebanyak 100 orang yang merupakan pelanggan Rejeki Motor Bandung, serta menggunakan analisis korelasi Rank Spearman untuk mengetahui pengaruh. Dimana untuk memudahkan dalam proses pengolahan data penulis menggunakan software SPSS for windows versi 14.0. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa korelasi antara costumer relationship marketing dengan loyalitas pelanggan pada Rejeki Motor Bandung adalah cukup sedang dan memiliki hubungan yang positif. Besarnya pengaruh costumer relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Rejeki Motor Bandung sebesar 34,45% dan sisanya sebesar 65,55 % dipengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis seperti promosi, harga, ataupun lokasi. Dengan demikian semakin baik costumer relationship marketing yang dilakukan Rejeki Motor Bandung akan semakin berpengaruh terhadap tingkat loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Costumer Relationship Marketing dan Loyalitas Pelanggan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item