Sudiran and Drs and Hum, M (1999) A STUDY ON THE STUDENTS' ABILITY IN COMPREHENDING ENGLISH TEXTSAT THE FIRST SEMESTER STUDENTSOF ENGLISH DEPARTMENT OFMUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF MALANG.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini adala sebuah kajian tentang kemampuan mahasiswa memahami wacana berbahasa Inggris. Di jurusan Bahasa Inggris, elajaran Reading merupakan salah satu pelajaran prasyarat. Pelajaran tersebut disajikan kepada mahasiswa sejak semester 1 sampai 4. Penelitian ini memfokuskan pada pelajaran Reading I sebagai pelajaran prasyarat pertama sebab pelajaran ini mampu membantu mahasiswa meningkatkan pengetahuan yang pada gilirannya membantu mereka meraih cita-citanya. Kemampuan mahasiswa memahami wacana bisa membantu mereka menyerap informasi. Mahasiswa perlu mengetahui bagaimana menyerap informasi sebanyak mungkin. Oleh karena itu, mereka harus memperbaiki kemampuannya dalam memahami wacana. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan mahasiswa memahami wacana berbahasa Inggris. Dengan mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami wacana, para staf pengajar bisa membantu mengurangi masalah yang dihadapi mahasiswa dalam membaca wacana. Sehingga mahasiswa akan berhasil dalam menguasai mata pelajaran Reading I dan akan menyelesaikan masa studinya tepat waktu. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif untuk mengungkapkan kemampuan mahasiswa dalam memahami wacana. Kajian ini berupaya memperoleh informasi yang berkaitan dengan penomena mutakhir tentang kemampuan mahasiswa dalam mata pelajaran Reading I. Kajian ini akan mengupas bagaimana kemampuan mahasiswa jurusan bahasa Inggris memahami wacana.Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kemampuan mahasiswa jurusan bahasa Inggris memahami wacana tergolong baik. Hal ini bisa dibuktikan dengan, pertama, hasil pengujian hipotesa. Pengujuian hipotesa menunjukkan bahwa nilai X 2 -rat adalah 15,00 yang melebihi nilai X 2 -tabel baik pada tingkat 5% maupun 1%. Sedangkan derajat kebebasan (d.f.) sama dengan 2. Dengan demikian, nilai X 2 -tabel pada tingkat 5% adalah 5,991. Sedangkan pada tingkat 1% nilainya adalah 9,210. Oleh karena itu, Hipotesa Alternatif (HA) yang berbunyi jika nilai X 2 -rat sama dengan atau lebih besar dari X 2 -tabel, berarti ada perbedaan yang signifikan antara frekuensi observasi dengan frekuensi teoretis bisa diterima. Dan, kedua, persentase nilai mahasiswa bisa dikelompokkan ke dalam tiga kelompok yaitu, kelompok baik 60%, kelompok sangat baik 21%, dan kelompok rendah 19%.Kata Ġkunci: Kemampuan, pemahaman, dan wacana berbahasa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JIPTUMM > Research Report > Education > English Education |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:35 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:35 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/1094 |
Actions (login required)
View Item |