Agriansyah, Noval (2009) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN) PADA PT. KERUGIM NUSA INDAH BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Customer Relationship Management merupakan suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan di mata para pelanggannya. Selain itu customer relationship management juga merupakan suatu proses untuk mengidentifikasi, memperoleh pelanggan baru, mempertahankan pelanggan lama, meyakinkan pelanggan untuk terus membeli produk dan layanan yang ditawarkan serta memberikan layanan purna jual yang baik sehingga pelanggan akan tetap loyal. PT. Kerubim Nusa Indah telah menerapkan CRM dalam menciptakan, meningkatkan dan mempertahankan loyalitas pelanggannya yaitu dengan memberikan pelayanan kepada pelanggannya semaksimal mungkin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif dengan sampel sebanyak 100 orang yang merupakan pelanggan pada PT. Kerubim Nusa Indah Bandung, serta menggunakan analisis korelasi rank Spearman untuk mengetahui pengaruhnya. dimana untuk memudahkan dalam proses pengolahan data, penulis menggunakan software SPSS for Windows versi 12. Besarnya pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 39,06 %, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa korelasi antara customer relationship management dengan loyalitas pelanggan adalah kuat dan memiliki hubungan yang positif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2008 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:49 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:49 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12743 |
Actions (login required)
View Item |