Rachman Junaedi, Dian (2016) Pembangunan Aplikasi Untuk Pengenalan Karakter Wayang Golek Menggunakan Mobile Android. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Kesenian Wayang Golek merupakan bentuk pertunjukan boneka kayu dengan ukiran berkarakter Sunda. Seiring perkembangan jaman, kini kesenian wayang golek semakin ditinggalkan. Salah satu upaya untuk melestarikan kesenian wayang golek adalah dengan cara membuat museum, salah satu museum untuk mengenalkan karakter wayang golek yang cukup terkenal adalah Museum Wayang. Museum Wayang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Kota. Museum ini memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia dan mancanegara yang terbuat dari kayu, kulit, maupun bahan lainnya. Dalam menyampaikan informasi kepada pengunjung, museum wayang menggunakan media kotak informasi untuk mengenalkan karakter-karakter yang ada dalam kesenian wayang golek. Namun Informasi tentang karakter wayang yang diberikan kurang detail. Selain menggunakan media cetak seperti kotak informasi, museum wayang juga menyediakan tour guide untuk memberikan informasi tentang karakter wayang golek kepada pengunjung museum, namun tidak semua pengunjung museum akan didampingi oleh tour guide yang memberikan penjelasan mengenai karakter wayang tersebut Aplikasi ARWayangGolek bertujuan untuk membantu pengunjung museum wayang dalam memperoleh informasi tentang wayang golek secara lebih detail dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini menggunakan teknologi mobile augmented reality berbasis Android dengan metode markerless based tracking. Teknik pengenalan markerless menggunakan metode 3D objek tracking dengan objek yang digunakan sebagai markerless berupa wajah karakter wayang golek. Output aplikasi berupa informasi karakter wayang golek seperti nama, ciri khas dan informasi tentang karakter. Aplikasi ini telah dilakukan beberapa pengujian diantaranya pengujian Alpha dan Betha. Hasil Pengujian Alpha menyatakan bahwa aplikasi ini bebas dari kesalahan syntax berjalan sesuai dengan fungsi. Pengujian Betha dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan (user friendly), bermanfaat dan dapat membantu pengguna dalam memperoleh informasi tentang karakter-karakter yang ada dalam kesenian wayang golek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wayang Golek, ARWayangGolek, Augmented Reality, Android, Markerless. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:36 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:36 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/1336 |
Actions (login required)
View Item |