PENGARUH PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Bandung)

Mulyadi, Ade (2009) PENGARUH PENGAWASAN FUNGSIONAL TERHADAP EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (Studi Kasus Pada Pemerintah Kota Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengawasan fungsional merupakan pengawasan yang dilakukan secara intern di lingkungan Pemerintah Daerah. Dengan adanya pengawasan fungsional diharapkan efektivitas pengelolaan keuangan daerah terlaksana dengan baik, bersih, transparansi, bertanggung jawab, dan berhasil guna. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengawasan fungsional terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah pada Pemerintah Kota Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengawasan fungsional dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan oleh Pegawai Bawasda dan Bagian Keuangan Pemerintah Kota Bandung dengan sampel berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan uji statistik yang digunakan dalam penelitian adalah koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi, dan uji t dengan menggunakan SPSS 14.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengawasan fungsional pada Pemerintah Kota Bandung sudah dilakukan dengan baik, hal ini dikarenakan pelaksanaan pengawasan fungsional telah dilakukan sesuai dengan prosedur. Begitu pula efektivitas pengelolaan keuangan daerah terlaksana dengan baik.hal ini sesuai dengan tercapainya tujuan pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan oleh Bagian Keuangan Pemerintah Kota Bandung. Hasil analisis menunjukan bahwa pengawasan fungsional berpengaruh terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah besarnya 53,87% dan sisanya sebesar 46,13% yang dipengaruhi oleh faktor lain seperti audit kinerja, kebijakan manajerial, dan tertib administrasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Fungsional, Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemerintah Daerah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14592

Actions (login required)

View Item View Item