Perancangan Sistem Kepegawaian Pada Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Kejehateraan Sosial (BBPPKS) Lembang Bandung

Yuda Negara, Chandra (2010) Perancangan Sistem Kepegawaian Pada Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Kejehateraan Sosial (BBPPKS) Lembang Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bagian Kepegawaian merupakan salah satu unit kerja yang ada pada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial(BBPPKS) Lembang Bandung. Pengolahan data pegawai merupakan kegiatan utama, namun pada sistem yang berjalan kerusakan, kehilangan dan kekeliruan dalam pengelolaan data-data sering menjadi kendala akibat dari media penyimpanan yang ada hanya dalam bentuk dokumen dan pencatatan data menggunakan kertas. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem yang sedang berjalan pada BBPPKS Lembang Bandung, merancang sistem informasi kepegawaian, untuk diimplementasikan pada Dinas serta untuk mengetahui analisis dan pengujian program pada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial(BBPPKS) Lembang Bandung Bandung. Metode penelitian dalam merancang sistem ini menggunakan desain penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kasus pada Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial(BBPPKS) Lembang Bandung. Sumber dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah sumber data primer yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara serta sumber data sekunder dengan cara pengumpulan dokumen-dokumen yang terkait. Sistem yang dirancang menggunakan metode pendekatan sistem yang berorientasi Objek/OOP (Object Oriented Programming) dan metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu metode SDLC (System Development Life Cycle ) yang dalam pelaksanaannya terdapat tiga fase antara lain Penelitian, Pengembangan dan Manajemen Sistem. Metode ini menggunakan prinsip cepat dan ringan, metode ini menggunakan alat bantu pemodelan berupa diagram UML (Unified Modelling Language). Adapun perangkat lunak yang digunakan dalam merancang sistem ini adalah Visual Basic 6.0 dan SQL Server 2000 sebagai media pengelola database. Sistem informasi ini dibangun dengan harapan agar dapat mempermudah dalam beberapa proses pengolahan data pegawai yaitu proses absensi, proses cuti, proses mutasi dan proses pensiun pegawai. Semua proses tersebut dapat diselesaikan lebih cepat, adanya resiko kerusakan data, duplikasi data dan kehilangan data menjadi lebih kecil karena media penyimpanan data yang sudah lebih baik dari pada sistem yang berjalan sebelumnya yaitu media penyimpanan yang berbasis komputer, serta dapat menghasilkan informasi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Aplikasi Kepegawaian dengan menggunakan Visual Basic dan SQL Server serta Metodologi berorientasi Objek
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:52
Last Modified: 16 Nov 2016 07:52
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item View Item