Bahtiar, Asep (2010) Sistem Informasi Service Sepeda Motor pada Dealer Yamaha Cicadas Group. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Dealer Yamaha Cicadas Group Bandung adalah badan usaha yang bergerak dalam bidang otomotif, yang salah satu aktivitas kesehariannya adalah melakukan pelayanan jasa service kendaraan bermotor. Akan tetapi pada bagian service ini masih memiliki beberapa kelemahan-kelemahan umum yaitu, kelemahan dalam perubahan stock persediaan suku cadang dimana data yang diperlukan berjalan sangat lambat, juga sering terjadi kesalahan dalam pemasukan data yang tidak bisa diketahui dengan segera, sehingga menyebabkan pemasukan data pada proses pencatatan transaksi selanjutnya mengalami kesalahan dan juga penyajian informasi yang dibutuhkan selalu datang terlambat. Dalam kesehariannya bagian service ini masih menggunakan operasi-operasi secara manual / terpisah-pisah karena belum menggunakan database yang dapat digunakan bersama-sama (client-server). Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem informasi yang baik yang dapat menggantikan proses-proses manual / terpisah-pisah dengan proses-proses komputer yang terintegrasi pada suatu database yang dapat digunakan bersama-sama (client-server) sehingga kesalahan-kesalahan sistem dapat diminimalkan. Metodologi yang digunakan dalam sistem pengolahan data yaitu teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi serta studi dokumentasi, sedangkan Metode Pengembangan Sistem yang digunakan adalah paradigma SDLC (System Development LifeCycle). Dimana dalam pembuatan program ini dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Alat bantu dalam Perancangan Sistem yang digunakan adalah dengan Bagan Alir Dokumen, Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Kamus Data, ERD (Entity Relationship Diagram) dan Normalisasi. Adapun perangkat lunak pendukung yang digunakan yaitu Borland Delphi versi 7.0 dan Microsoft SQL Server 7. Pada sistem pengolahan data ini diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan sistem informasi service sepeda motor yamaha yang sedang berjalan. Dengan adanya penyimpanan data yang sudah berbentuk database dan sudah terkomputerisasi maka kemungkinan terjadinya redudansi data pada bagian service sangat kecil dan dapat meminimalkan kesalahan dan keterlambatan dalam penyampaian informasi, serta dalam proses pembuatan laporan dapat dikerjakan secara tepat, cepat dan akurat. Sehingga hasilnya dapat menunjang kelancaran operasional bagian service pada dealer Yamaha Cicadas Group Bandung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2009 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:52 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:52 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15132 |
Actions (login required)
View Item |