Dewi Sekar Ningrum, Rhista (2010) Tinjauan Atas Prosedur Pengendalian Intern Penggajian Pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Dan Jaringan Cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Di era globalisasi seperti sekarang ini, keadaan situasi perekonomian yang terjadi pada saat ini menuntut perusahaan untuk melaksanakan operasi perusahaan secara efektif dan efisien. Dalam melaksanakan hal tersebut, pihak manajemen akan mengalami banyak kesulitan untuk menjalankan fungsi pengendalian intern karena akan berbenturan dengan tujuan perusahaan, yaitu untuk memaksimalkan operasional guna menghasilkan pelayanan yang bisa memuaskan konsumen tanpa harus mengurangi tingkat profitabilitas perusahaan. Dengan adanya perkembangan tersebut berarti kegiatan perusahaan akan semakin meningkat dan meluas. Jika perusahaan yang skala usahanya relatif masih kecil dengan kegiatan operasional dan jumlah karyawan yang masih terbatas, pimpinan sebagai pengelola perusahan dapat secara langsung mengawasi jalannya kegiatan operasional perusahaan. Akan tetapi, jika skala usaha perusahaan meningkat berarti semakin banyak kegiatan dan jumlah tenaga kerja yang tidak dapat diawasi secara langsung oleh pimpinan sehingga membuka kemungkinan terjadinya kecurangan-kecurangan yang bersifat material karena semakin luasnya rentang kendali yang harus diawasi. Untuk mengendalikan berbagai masalah yang terjadi manajemen memerlukan adanya suatu alat pengendalian intern yang memadai dengan tujuan 2 agar dipatuhinya kebijakan manajemen oleh bawahan, kekayaan perusahaan dan catatan-catatan organisasi dapat terkendali, terciptanya ketelitian dan keandalan data akuntansinya serta mendorong efisiensi operasi perusahaan. Pengendalian intern merupakan tindakan pengaturan pengarahan pelaksanaan pekerjaan dengan maksud tercapainya tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien (Mulyadi, 2002). Salah satu kegiatan perusahaan adalah bidang penggajian. Gaji merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan kegiatan operasional perusahaan (Malayu S.P Hasibuan, 2003). Bidang penggajian berhubungan dengan masalah keuangan, sehingga dapat menimbulkan terjadinya kecurangan atau fraud. Agar kecurangan dan manipulasi itu tidak terjadi maka diperlukan adanya suatu pengendalian intern yang dapat diterapkan oleh bagian penggajian pada perusahaan. Pengendalian intern gaji pada perusahaan dikatakan baik atau memadai apabila gaji itu dibayarkan dalam jumlah yang benar, tepat dan langsung dibayarkan kepada yang berhak (La Midjan dan Azhar Susanto, 2001). Pengendalian intern penggajian mempunyai tujuan yaitu untuk menentukan kelebihan jumlah yang dibayarkan kepada setiap pegawai atau karyawan untuk menjamin bahwa jumlah yang dibayarkan kepada setiap yang berhak menerimanya atau untuk menjaga kebenaran jumlah karyawan yang ada. Pengendalian intern penggajian juga harus ditunjang pula dengan prosedurnya karena prosedur merupakan rangkaian langkah yang dilaksanakan untuk 3 menyelesaikan kegiatan atau aktifitas, sehingga dapat tercapai tujuannya yang diharapkan secara efektif dan efisien serta dapat dengan mudah menyelesaikan suatu masalah yang terperinci menurut waktu yang telah ditetapkan. PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Cimahi adalah perusahaan jasa yang merupakan divisi atau bagian dari PT PLN (Persero) yang berkantor pusat di Jakarta. Bidang usaha PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Cimahi kegiatannya mengelola operasi, dan memelihara sarana sistem penyaluran serta pengaturan. Setiap badan usaha, baik badan usaha dagang maupun badan usaha jasa, semuanya memerlukan tersedianya dana yang cukup untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah diprogramkan guna mencapai tujuan. Hakekat dari ketentuan tersebut adalah bahwa perusahaan PT PLN (Persero) dalam melakukan operasionalnya diberi wewenang dan tanggung jawab mengelola dibidang energi listrik, tujuan PLN dalam melaksanakan tugas tersebut adalah dalam rangka turut membangun ekonomi, ketahanan nasional serta mempertinggi derajat masyarakat Indonesia sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pengusahaan tenaga listrik. Pada PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Cimahi dijumpai permasalahan mengenai keterlambatan dalam penggajian. Puluhan petugas pencatat meteran listrik PLN Cimahi berunjuk rasa menuntut atas pelunasan gaji karyawan yang selam 2 bulan belum dibayar, gaji yang belum dibayar rata-rata berjumlah Rp1.500.000,- setiap petugas. PT Musdipa Inti Sejahtera ini merupakan 4 rekan bisnis yang bekerjasama dengan PLN terkait dengan pencatatan meteran listrik. Pihak perusahaan mengatakan bahwa gaji untuk pencatatan meteran belum diberikan oleh pihak PLN. Akibat tidak ada kejelasan mengenai pembayaran gaji, karyawan pun melakukan aksi mogok kerja, tetapi aksi tersebut tidak mendapatkan respon dari pihak perusahaan. Hingga saat ini para karyawan juga mengancam kepada pihak PLN apabila tidak segera membayar gaji maka aksi mogok kerja ini akan berlangsung hingga kedepannya. Setelah diselidik demi selidik ternyata keterlambatan pembayaran gaji tersebut di akibatkan PT Musdipa Inti Sejahtera ini belum menyerahkan berita acara yang merupakan hasil pencatatan meteran listrik. Sampai saat ini PT PLN masih menunggu berita acara dari perusahaan tersebut. Dan mengakibatkan keterlambatan dalam menggaji karyawan tersebut. (sumber: Bpk. Haryadi salah satu karyawan PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Cimahi). Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis mengangkat permasalahan tersebut ke dalam laporan dengan mengambil judul �¢����PROSEDUR PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN PADA PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN CIMAHI�¢����.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian intern,penggajian, pln area cimahi |
Subjects: | D3 Tugas Akhir > Akuntansi > 2010 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:53 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:53 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15437 |
Actions (login required)
View Item |