Pembangunan Aplikasi "Magic" Coloring Book" Dengan Teknologi Augmented Reality

M and Nurhakiki, Amin (2016) Pembangunan Aplikasi "Magic" Coloring Book" Dengan Teknologi Augmented Reality. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kegiatan belajar mewarnai yang dilakukan saat ini masih hanya menggunakan media buku mewarnai dan alat tulis warna. Saat ini, cara tersebut dianggap kurang memberikan rangsangan terhadap anak sehingga minat anak dalam melakukan kegiatan mewarnai menjadi menurun. Hal ini disebabkan media yang kurang menarik dan hasil dari kegiatan mewarnai tersebut tidak memberikan dampak langsung terhadap anak untuk mengulang dan melakukan lagi kegiatan belajar mewarnai tersebut. Melalui pendekatan teknologi diharapkan kegiatan belajar mewarnai dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Kondisi ini dapat dipenuhi dan ditunjang dengan adanya teknologi augmented reality, dimana teknologi ini memungkinkan sebuah informasi dapat di implementasikan ke dalam pandangan dunia nyata, sehingga informasi yang diberikan nyata dan real-time. Dari permasalahan yang ada maka dibangun sebuah aplikasi ��Magic Coloring Book�� yang menerapkan teknologi augmented reality pada sebuah media untuk kegiatan belajar mewarnai yang berbasis mobile dengan platform android. Teknologi Augmented Reality dipilih karena memiliki kelebihan dimana user mendapatkan informasi secara real-time. Aplikasi ini menggunakan platform android karena agar mudah diakses dimana saja dan platform ini banyak dikembangkan karena bersifat open source. Aplikasi ini telah dilakukan beberapa pengujian diantaranya pengujian Alpha, Betha dan Pengujian Akurasi. Hasil Pengujian Alpha menyatakan bahwa aplikasi ini bebas dari kesalahan sintaks berjalan sesuai dengan fungsi. Pengujian Betha yang dilakukan terhadap 30 responden dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan (user friendly), bermanfaat dan dapat membantu pengguna dalam kegiatan belajar mewarnai yang lebih menarik, hal ini sesuai dengan persentase jawaban setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan (kuesioner) yang telah disebarkan. Sedangkan pengujian akurasi dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi tidak munculnya suatu data yang ditampilkan, diantaranya kondisi gambar serta jarak pengambilan gambar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Aplikasi Mewarnai, Android, Buku Mewarnai
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15497

Actions (login required)

View Item View Item