Perancangan Dan Implementasi Jaringan Small Office Home Office Berbasis Network Attached Strorage Di PT. Duta Transformasi Insani

Paudji Hendra Suptra, Ahmad (2016) Perancangan Dan Implementasi Jaringan Small Office Home Office Berbasis Network Attached Strorage Di PT. Duta Transformasi Insani. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Duta Transformasi Insani memiliki jaringan komputer bertipe peer-to-peer, dalam keberjalananya jaringan komputer bertipe ini tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang semakin bertambah setiap tahun, pengiriman data dalam satu unit kerja dan antar unit kerja yang dilakukan user yaitu melalui email dan file sharing, namun terdapat tiga isu utama yang terjadi dalam penggunaan pengiriman data melalui cara tersebut, yaitu lamanya waktu yang dibutuhkan user untuk mengirimkan data, data yang di-share bergantung pada host lainnya, dan terjadinya pencurian serta penyalahgunaan data yang tersebar. Solusi untuk menangani masalah tersebut yaitu dengan menerapkan NAS (Network Attached Storage) yang berfungsi sebagai penyimpanan data terpusat, sistem operasi NAS banyak dibangun pada beberapa platform sistem operasi, salah satunya adalah FreeNAS dimana sistem operasi ini cocok untuk diimplementasikan pada jaringan komputer SOHO (Small Office Home Office). Penelitian ini menekankan pada analisis perbandingan teknologi penyimpanan data, perbandingan kinerja pada tiga sistem operasi NAS, dan implementasi NAS dengan menggunakan sistem operasi FreeNAS. Beberapa protokol/layanan yang digunakan untuk file sharing melalui NAS yaitu CIFS/SMB2, FTP, dan OwnCloud. Metode pengembangan jaringan komputer yang digunakan adalah NDLC (Network Development Life Cycle). Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas jaringan komputer LAN dan WLAN PT. Duta Transformasi Insani tergolong memuaskan, pengiriman data melalui file sharing dengan NAS lebih cepat dibandingkan melalui file sharing tanpa NAS dan email ketika pengiriman data > 2 MB, NAS terbukti dapat menjamin ketersediaan data dengan sangat stabil selama waktu dan jam kerja pegawai dimana tingkat ketersediaan data pada WLAN yaitu 93% dan LAN yaitu 96%, implementasi pengamanan data yang di-share melalui FreeNAS dengan memberikan kebijakan batasan hak akses pada setiap user berhasil dilakukan, sebanyak 68% responden mengatakan kebijakan hak akses ini sudah cukup tepat, namun pada hasil vulnerability scanning menunjukan bahwa sistem operasi FreeNAS versi 9.2.1.9-release-X64 memiliki tingkat vulnerability sebesar 16%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: NAS, Small Office Home Office, PT. Duta Transformasi Insani, FreeNAS, File Sharing
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15535

Actions (login required)

View Item View Item