Fauzi, Muhammad (2010) Sistem Informasi Pelayanan Di Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Badan Perpustakaan Daerah (Bapusda) Provinsi Jawa Barat merupakan sebuah instansi milik Negara yang bergerak di bidang pembangunan sarana pendidikan dan merupakan instansi besar yang didalamnya terdapat kegiatan manajemen yang saling berhubungan antar bagian yang satu dengan bagian yang lainnya. Adapun bagian di Badan Perpustakaan Daerah (Bapusda) Provinsi Jawa Barat antara lain bagian keuangan, bagian kepegawaian, bagian umum, bagian pengembangan bahan pustakawan membawahi literature sekunder, bagian layanan yang membawahi Sub bagian Layanan Perpustakaan dan lain.lain. Perpustakaan mempunyai tugas menghimpun, menyimpan, melestarikan, dan mengolah semua bahan pustaka yang terbit untuk disajikan kepada para pengunjung/ pembaca. Dalam menghimpun bahan pustaka, pihak perpustakaan dalam melaksanakan tugas �¢���� tugas tersebut pihak �¢���� pihak perpustakaan membagi �¢���� membagi tugas kepada bagian �¢���� bagian yang ada. Dalam pikiran masyarakat awam, perpustakaan hanyalah tempat untuk membaca, meminjam dan mengembalikan buku karena di sana tersusun buku �¢���� buku dalam rak yang telah disimpan. Mereka mungkin tidak pernah tahu bahwa sebelum buku �¢���� buku tersebut dapat dimanfataatkan haruslah melalui proses pengolahan terlebih dahulu. 20 Seiring dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini, manusia cenderung membutuhkan informasi yang tepat, akurat dan terpercaya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, dengan perkembanganteknologi yang semakin pesat, maka kebutuhan pada suatu alat bantu. Dalam menyelesaikan permasalahan pun semakin diperlukan alat bantu tersebut adalah berupa computer yang fungsinya sebagai pengolah data yang diinputkan melalui alat input yang akan diproses, sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna bagi manusia. Badan perpustakaan daerah atau sering disingkat bapusda adalah suatu badan perpustakaan yang menyediakan informasi dan pengetahuan, serta mempunyai banyak koleksi buku, Koran, majalah, ensiklopedi dan koleksikoleksi lainnya. Badan perpustakaan daerah mempunyai kesulitan dalam proses pengolahan dan pencatatan peminjaman dan pengembalian bukunya karena dikerjakan secara manual. Dalam proses peminjaman dan pengembalian buku masih dikerjakan dengan cara mencatatnya dalam sebuah buku besar. Oleh karena itu maka sistem informasi sangat diperlukan pada perpustakaan ini, agar untuk mempermudah dan mengefisienkan dalam proses pengolahan data dan pencatatan data peminjaman dan pengembalian buku, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pembuatan laporan peminjaman, laporan pengembalian, laporan denda, laporan data anggota dan dalam pencarian data-data lainnya. Dalam pengolahan bahan pustaka terdapat kegiatan �¢���� kegiatan yang dilakukan. Kegiatan �¢���� kegiatan tersebut adalah pencatatan bahan pustaka kedalam buku induk, memberikan cap milik pada bahan pustaka, mengelompokan buku �¢���� 21 buku yang sejenis, memberi kelengkapan, melakukan pemasukan data secara komputerisasi kemudian membuat katalog untuk alat telusur. Berdasarkan uraian di atas terlihat jelas bahwa peminjaman dan pengembalian buku, sangatlah penting sehingga dalam menyusun penelitian ini penulis akan mengambil judul �¢����SISTEM INFORMASI PELAYANAN UMUM DI BADAN PERPUSTAKAAN DAERAH (BAPUSDA) PROVINSI JAWA BARAT�¢����
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi, pelayanan badan perpustakaan |
Subjects: | D3 Tugas Akhir > Manajemen Informatika > 2010 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:53 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:53 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15774 |
Actions (login required)
View Item |