Eksitensi Diri Kaum Waria Di Kota Bandung (Suatu Studi Fenomenologi Tentang Eksistensi Diri Kaum Waria Di Kota Bandung Dalam Mengisi Kehidupannya)

Syah Pradana, Hadis (2012) Eksitensi Diri Kaum Waria Di Kota Bandung (Suatu Studi Fenomenologi Tentang Eksistensi Diri Kaum Waria Di Kota Bandung Dalam Mengisi Kehidupannya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan Penelitian adalah: bagaimana eksistensi diri kaum waria di Kota Bandung sebagai suatu studi fenomenologi tentang eksistensi diri kaum waria di Kota Bandung. Subfokus penelitian mencakup latar belakang, proses hidup, serta harapan mengenai eksistensi diri kaum waria di Kota Bandung dalam mengisi kehidupannya. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan metode fenomenologi, teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, observasi, dan penelusuran data online. Informan penelitian sebanyak empat orang, dua informan utama, dan dua informan pendukung, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisa data mencakup reduks data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan evaluasi. Uji keabsahan data diantaranya triangulasi data, menggunakan bahan referensi, member check, dan uraian rinci. Hasil dari penelitian adalah latar belakang dalam kehidupan waria yakni peran orang tua terkait pola asuh dan pendidikan serta lingkungan mendasari pembentukan jati diri waria. Proses kehidupan waria melewati fase-fase kehidupan baik pro maupun kontra, dengan rasa percaya diri dan keyakinan diri, waria mampu mengaktualisasikan diri di lingkungan masyarakat. Harapan dari kaum waria agar mendapat pengakuan dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Kesimpulan penelitian adalah eksistensi kaum waria terlihat dengan pendekatan yang dilakukan kepada masyarakat serta membuktikan bahwa waria bukanlah sampah masyarakat melainkan makhluk produktif yang data berkarya dan berprestasi. Saran peneliti adalah dengan segala keberbedaan yang melekat pada diri waria, waria harus mampu membuktikan dan berkreasi dalam kegiatan-kegiatan positif. Melewati pembinaan keterampilan yang dilakukan, dapat membuat kehidupan waria lebih bermakna dan bernilai produktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Diri, Studi Fenomenologi, Kualitatif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15807

Actions (login required)

View Item View Item