Sistem Informasi Administrasi Pasien UPTD Puskesmas Cimanggung Kab.Sumedang

Aryanti, Lulu (2010) Sistem Informasi Administrasi Pasien UPTD Puskesmas Cimanggung Kab.Sumedang. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

UPTD (Unit Pelayanan Tingkat Daerah) Puskesmas Cimanggung merupakan solusi tentang masalah kesehatan masyarakat yang berada didaerah Cimanggung Kabupaten. Sumedang. Masalah yang terjadi dalam UPTD Puskesmas Cimanggung adalah media penyimpanan data pasien masih berupa arsip atau berkas, masih terjadinya proses pencatatan tulis tangan, sulitnya melakukan pencarian data pasien, dan dalam pembuatan laporan sering terjadi keterlambatan dari pihak puskesmas untuk diberikan ke Dinas Kesehatan Kab. Sumedang. Adapun tujuannya untuk mengetahui, merancang, menganalisis, dan untuk mengimplementasikan Sistem Informasi Administrasi Pasien guna menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan studi lapangan (observasi) dan dengan melakukan wawancara. Dalam membangun dan merancang sistem informasi ini dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan waterfall atau classic life cycle dengan melalui tahapan analisis, perancangan, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan, sedangkan perangkat lunak yang digunakan agar memenuhi kebutuhan yaitu dengan menggunakan Visual Basic 6.0 dan media penyimpanannya dengan menggunakan Microsoft SQL Server 2000. Sistem informasi yang dibangun diharapkan dapat mengolah data pasien Puskesmas Cimanggung Kab. Sumedang terstruktur dengan baik dalam mengelola admistrasi, tidak adanya lagi penggandaan data dalam administrasi pasien, dari pasien lama, baru, luar daerah, hingga rujukan pasien ke rumah sakit, karena kesalahan dalam proses penginputan data tersebut. Dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pasien ini, diharapkan dalam pencarian data pasien pada bagian administasi akan menjadi lebih mudah, dan dalam pembuatan laporan-laporan yang dibutuhkan, diharapkan dapat mempermudah pihak Puskesmas sehingga informasi yang dibutuhkan akan menjadi lebih cepat, dan mampu meningkatan kinerja pelayanan kesehatan terutama pada bagian administrasi pasien di Puskesmas Cimanggung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Puskesmas, Administrasi, Pasien
Subjects: D3 Tugas Akhir > Manajemen Informatika > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15927

Actions (login required)

View Item View Item