Sistem Informasi Pelayanan Perbaikan Mobil Pada Bengkel KM Motor

Siti Anisa, Nesya (2010) Sistem Informasi Pelayanan Perbaikan Mobil Pada Bengkel KM Motor. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem informasi adalah serangkaian subsistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara yang menuntut adanya ketelitian dan ketepat waktu. Sebagai bentuk hasil dari kemajuan teknologi informasi perkembangan sistem informasi ini sudah banyak diimplementasikan disemua bidang kegiatan, dalam bidang bisnis penyedia jasa, kebutuhan sistem informasi yang terkomputerisasi semakin terasa dibutuhkan, karena pada bidang bisnis ini kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang diberikan merupakan modal utama, selain dari kualitas pemberian pelayanan jasanya itu sendiri. Sistem informasi pun mampu menjadikan media �¢���� media bagi perusahaan jasa untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, misalnya sebagai sarana promosi, sarana informasi, sarana pelayanan, dan banyak hal lain lagi yang dapat diperoleh dari kegunaan sistem informasi. Dalam dunia otomotif, kegiatan bisnis berupa pelayanan perbaikan atau seringkali disebut dengan nama bengkel, dari dulu sampai saat ini keberadaannya sudah merupakan suatu bagian yang penting atau dapat dikatakan tidak mungkin terpisahkan lagi. Kegiatan ini sudah menjadi keperluan penunjang untuk dunia otomotif baik itu berupa mobil ataupun sepeda motor. Bisnis bengkel pun bukan hanya bertumpu pada kegiatan pelayanan perbaikan atau jasa perbaikan saja, 2 namun ada faktor �¢���� faktor tertentu yang memang mampu mendukung kegiatan bisnis ini, seperti contohnya memiliki fasilitas tempat yang cukup nyaman, pelayanan kepada pelanggan yang baik dan memuaskan, dan juga untuk mempertahankan kelangsungan bisnis nya harus juga ditunjang dengan sistem, baik pembukuan atau pencatatan ataupun dari bidang manajemen yang handal. Salah satu perusahaan yang mengembangkan usahanya pada pelayanan jasa perbaikan atau usaha bengkel adalah Bengkel KM motor, KM motor adalah sebuah bengkel yang menjual suku cadang, oli serta melayani jasa service mobil. Dalam pengisian stok sukucadang bengkel ini membeli suku cadang, oli dari supplier dalam pengadaannya. Adapun jasa service mobil perhari yang masuk ke bengkel KM Motor berjumlah sekitar 15 mobil, sedangkan sukucadang yang ada di bengkel berjumlah sekitar 112 yang diantaranya adalah oli, ban, power stering, kampas rem dll. Dalam kegiatan seluruh transaksinya masih dicatat secara manual. Pada transaksi pelayanan atau penerimaan pelanggan hanya mengandalkan bukti transaksi manual, sehingga pada proses pelayanan jasa service masih sering terjadi kekeliruan data transaksi, baik data pada mekanik yang menangani jasa service ataupun data sparepart yang digunakan, hal itu terjadi karena penanganan penerimaan pelanggan masih dilakukan secara manual. Stok barang pada bengkel ini dicatat pada beberapa buku, dimana yang dicatat adalah harga pokok satuan barang dan jumlah stoknya, dikarenakan tidak ada keterangan yang terperinci pada buku stok, maka sering terjadi kehilangan 3 barang ataupun keterlambatan dalam persediaan sukucadang, yang menyebabkan bengkel kehabisan stok, sehingga keterlambatan dalam melakukan service dikarekan stok yang sudahh habis dan harus menunggu untuk membeli barang, hal tersebut terjadi karena tidak ada laporan stok barang yang hampir atau sudah habis. Dengan pertimbangan hal �¢���� hal diatas maka penyusun merasa dibutuhkan adanya sebuah aplikasi sistem informasi yang berfungsi sebagai pencatatan, pemantauan, sampai pengolahan data pada pelayanan jasa perbaikan yang ada pada Bengkel KM Motor. Maka dalam hal ini penyusun mengusulkan penelitian untuk membangun sebuah aplikasi yang berjudul �¢����Sistem Informasi Pelayanan Perbaikan Mobil Pada Bengkel KM Motor�¢����.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, pelayanan perbaikan mobil
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2010
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item