Aktivitas Komunikasi Ritual Dalam Upacara bersih Desa Sigedang (studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Ritual, Melalui Upacara Bersih Desa dalam Mewujudkan Rasa Syukur pada Tuhan Serta Mengenai Pejuang Islam di Desa Sigedang Kabupaten Wo

Arvian Nugroho, Lingga (2016) Aktivitas Komunikasi Ritual Dalam Upacara bersih Desa Sigedang (studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Ritual, Melalui Upacara Bersih Desa dalam Mewujudkan Rasa Syukur pada Tuhan Serta Mengenai Pejuang Islam di Desa Sigedang Kabupaten Wo. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan secara mendalam tentang Aktivitas Komunikasi Ritual Dalam Upacara Bersih Desa Sigedang. Untuk menjabarkannya, maka fokus masalah tersebut dibagi kedalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif dalam upacara bersih desa Sigedang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan tradisi etnografi komunikasi dengan teori pendukung yaitu interaksi simbolik. Subjek penelitian adalah masyrakat di desa Sigedang kecamatan Kejajar yang mengikuti upacara bersih desa Sigedang, terdiri dari 5 (lima) informan yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi tanpa partisipan, catatan lapangan, studi kepustakaan, dokumentasi dan internet searching. Teknik uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi dan pengecekan anggota. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, Situasi Komunikatif yang terdapat dalam upacara bersih desa Sigedang ini terdapat pada empat tempat, yaitu Makam, Masjid, Sendang, Halaman rumah warga. Peristiwa Komunikatif dalam upacara bersih desa Sigedang yaitu suatu tradisi kebudayaan dalam bentuk ritual khusus yang dilakukan secara sederhana dan digelar satu tahun sekali pada hari Jumat Kliwon oleh masyarakat Sigedang, Tindak Komunikatif yang terdapat dalam upacara bersih desa sigedang yaitu berbentuk pernyataan, permohonan dan simbol non verbal. Simpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas komunikasi ritual pada upacara bersih desa Sigedang merupakan suatu rangkaian ritual tradisi kubudayaan yang dilakukan secara sederhana oleh warga desa Sigedang. Upacara ini dilakukan untuk mewujudkan rasa syukur kepada Tuhan serta mengenang para pejuang Islam di Desa Sigedang Kabupaten Wonosobo. Saran dari peneliti yaitu untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindak Komunikatif, Upacara Adat Babarit.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:53
Last Modified: 16 Nov 2016 07:53
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16011

Actions (login required)

View Item View Item