Lukmanul H, A (2010) Perancangan Identitas Sarung Majalaya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau dan beberapa provinsi, dan setiap provinsi mempunyai adat istiadat, bahasa yang berbeda-beda, juga dalam menghasilkan sesuatu kekayaan tradisional. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang sedang giat-giatnya membangun baik di bidang fisik maupun nonfisik, baik itu yang merupakan idiologi, ekonomi, sosial, politik, dan budaya serta pertahanan keamanan guna untuk mencapai keberhasilan nasional. Hal tersebut tentu saja mendapat dukungan dari berbagai perusahaan-perusahaan yang berada di dalam negeri. Keberhasilan pembangunan nasional secara murni tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi industri. Industri tekstil di Indonesia sangat membantu perkembangan bangsa dengan menghasilkan produk tekstil yang beragam jenis yang berbeda, pada tahun 1992 Indonesia menjadi penghasil devisa tertinggi di dunia. Jawa barat memiliki peran penting sebagai penghasil industri terbesar di Indonesia, terutama di kabupaten Bandung yaitu di kecamatan Majalaya memiliki sejarah sebagai pusat industri textil yang terkenal dalam skala nasional, bahkan internasiaonl. Majalaya adalah kawasan industri besar yang berada di kabupaten Bandung, Majalaya juga sebagai pelopor industri tekstil modern di Indonesia, pada tahun 1930 merupakan tonggak awal industri tekstil Majalaya yang di pelopori oleh beberapa pengusaha tekstil lokal. Pengusaha-pengusaha yang memiliki usaha menengah di Majalaya juga memiliki keterampilan khusus yaitu pembuatan sarung tenun, yang mana Sarung Majalaya terdiri berbagai macam merk yang beragam jenis dan bahan yang digunakan untuk pembuatan Sarung. Namun di lihat dari fakta yang ada kini bermunculan produkproduk sarung dari luar Majalaya yang lebih bervariasi dengan mempunyai ciri khas dan karakter yang berbeda-beda. Di Majalaya itu sendiri produk Sarung yang ada belum mempunyai karakter dan ciri yang khas, maka akan semakin sulit untuk mengetahui sarung produk Majalaya, yang mana berdampak pada berkurangnya minat beli masyarakat terhadap Sarung produk Majalaya itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identitas Sarung Majalaya |
Subjects: | D3 Tugas Akhir > Desain Komunikasi Visual > Desain Grafish > 2010 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:54 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:54 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16145 |
Actions (login required)
View Item |