Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis Dan Penjualan Suku Cadang Motor Di BG Kawasaki Motor Cimahi

Febrianto, Egi (2012) Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis Dan Penjualan Suku Cadang Motor Di BG Kawasaki Motor Cimahi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

BG Kawasaki Motor bergerak pada bidang pelayanan jasa bengkel dan cuci mobil. dalam transaksi pelayanan jasa bengkel, BG Kawasaki Motor masih menggunakan proses manual dalam setiap kegiatan pencatatan transaksi, data barang, pengontrolan stok suku cadang dan pencarian suku cadang. Selain itu untuk membuat laporan penjualan mengalami kesulitan karena pencarian data yang akan dijadikan laporan lama dicari. Kemudian belum adanya tanda bukti pembayaran untuk konsumen. Untuk itu maka perlu dibangun sebuah sistem informasi yang bisa menangani permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem yang berjalan, membuat perancangan sistem, melakukan testing dan implementasi sistem informasi pelayanan jasa bengkel. Dengan adanya sistem informasi ini pihak BG Kawasaki Motor Motor dapat mengatasi masalah pengolahan data kebutuhan konsumen, pengolahan dan pengolahan data laporan. Melihat permasalahan di atas, maka digunakan metode penelitian yang dilakukan penulis adalah metode pengumpulan data, metode pengembangan sistem, metode pendekatan sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Untuk metode pengembangan sistem penulis menggunakan metode prototype, sedangkan untuk alat bantu analisis menggunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Collaboration Diagram, Class Diagram. Dalam pembuatan perangkat lunaknya menggunakan Netbeans IDE 7.1 dan pembuatan database menggunakan MySQL Hasil dari penelitian menunjukan sistem yang berjalan masih menggunakan cara manual dalam proses transaksinya, sehingga penelitian melakukan perancangan sistem informasi pelayanan jasa servis dan penjualan suku cadang di bengkel BG Kawasaki Motor yang dapat meningkatkan kinerja pengolahan data, mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi perangkat lunak, perangkat keras, basis data antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan. Tahapan akhir dari penelitian adalah testing terhadap perangkat lunak yang dibuat dengan metode pengujian Black Box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jasa, Pelayanan, Sistem Informasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:54
Last Modified: 16 Nov 2016 07:54
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16504

Actions (login required)

View Item View Item