Handayani, Trustorini (2010) Komunikasi Bisnis.
Full text not available from this repository.Abstract
Ilmu Komunikasi berkembang sejalan dengan kemajuan suatu masyarakat di suatu negara.Lebih dari itu dalam era globalisasi, dimana batas-batas dunia sudah tidak terlihat jelas, maka perkembangan teknologi komunikasipun tidak dapat terbendung lagi.Orang-orang pada dunia yang berbeda dapat berkomunikasi dengan cepat, dengan banyak pilihan komunikasi apakah dgn tv,internet,tlp dsbnya. Kehadiran bidang komunikasi bisnis, seperti halnya bidang Public Relation, yang kedua2nya adalah cabang dari Ilmu Komunikasi, semakin dibutuhkan oleh Organisasi atau peruahaan. Dimana kebutuhan-kebutuhan tersebut menyangkut adanya : 1. Dinamika Organisasi/perusahaan semakin lama semakin berkembang 2. Adanya pesaingan diantara perusahaan atau organisasi yang semakin ketat 3. Tuntutan, keinginan dan harapan publik (masyarakat) terhadap pemeuhan kebutuhan informasi semakin tinggi 4. Masyarakat yang semakin kritis 5. Perkembangan teknologi komunikasi yang luar biasa 6. Media massa berpengaruh terhadap pembentukan opini publik/citra masyarakat terhadap suatu organisasi Komunikasi bisnis meliputi pengiriman dan penerimaan pesan-pesan diantara orang, kelompok kecil masyarakat, atau dalam satu lingkungan atau lebih dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku di dalam suatu organisasi (Curtis,et al,1988) Menurut Vik & Gilsdorf, dalam dunia bisnis, komunikasi dapat dilakukan oleh tenaga penjual, penerima telepon, atau dengan menggunakan surat-surat resmi yang dibuat perusahaan. Komunikasi Bisnis baik lisan maupun tulisan harus memiliki karakyteristik sebagai berikut : 1. Pesan yang terkandung dalam komunikasi bisnis harus disusun untuk audience atau penerima yang membuthkan informasi. 2. Pesan bisnis disusun dengan mempertimbangkan batasn waktu dan biaya. (ada pesan bisnis yang harus diterima dengan cepat) 3. Pesan bisnis biasanya disusun untuk lebih dari satu tujuan. 4. Pesan bisnis harus memperhatikan nada dan pengaruhnya terhadap audience sehingga dalam komunikasi bisnis harus memperhatikan kata dan informasi yang dikirimkan. Dalam kehidupan bisnis saat ini, informasi yang harus disediakan dan yang dibutuhkan perusahaan sangat banyak, mis.bahan2 yang terkandung dalam produk,dsbnya.Menghadapi perkembangan teknologi saat ini seorang manajer harus dapat meilih informasi yang benar2 dibutuhkan.manajer memerlukan informasi karena dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Tiap tingkatan manajer memerlukan informasi yang berbeda2 sesuai engan kebutuhannya. Manajer puncak akan memerlukan informasi yang sifatnya makro dan strategis, sedang manajer lini pertama memerlukan informasi yang rinci dan sifatnya teknis. Berbagai komunikasi yang dilakukan dalam perusahaan misalnya meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat sehingga menyebabkan timbulnya kecenderungan konsumen untuk berhubungan lagi dengan perusahaan, konsumen diperlakukan dengan baik melalui pelayanan langsung oleh karyawan, melalui teleppon, maupun melalui surat.yang berkaitan dengan peningkatan fungsi kepemimpinan, berarti meupakan peningkatan kualitas komunikasi internal (komunikasi antara atasan dgn bawahan dan sebaliknya).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Bisnis, materi kuliah akuntansi |
Subjects: | Materi Kuliah > PROGRAM STUDY > Akuntansi > Genap 2009-2010 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:54 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:54 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/16870 |
Actions (login required)
View Item |