Pembangunan Media Pembelajaran Tashrif Pada Ilmu Sharaf Berbasis Mobile (Studi: Kelas 'IDAD PPM Miftahul Khoir)

Aprian Jaya, Hendra (2016) Pembangunan Media Pembelajaran Tashrif Pada Ilmu Sharaf Berbasis Mobile (Studi: Kelas 'IDAD PPM Miftahul Khoir). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sharaf atau dibaca shorof merupakan satu cabang ilmu tata bahasa Arab. Secara bahasa shorof diartikan sebagai Ã�Â�PerubahanÃ�Â�. Perubahan kata ini dalam prakteknya disebut tashrif. Mengetahui sharaf atau mengkaji bentuk perkataan adalah sangat penting dalam mempelajari bahasa Arab karena dalam perubahan bentuk atau Ã�Â�Sighah‟ suatu perkataan, maka arti perkataan itu akan berubah. Bentuk perubahan kata dalam bahasa Arab ada 35 bab. Setiap bab memiliki bentuk perubahan yang spesifik. Dan dari 35 bab terbagi menjadi beberpa jenis berdasarkan jumlah huruf yang menyusun kata dasarnya. Untuk melakukan tashrif suatu kata bahasa Arab harus mengetahui wazan nya, setelah mengetahui wazan, kemudian melakukan tashrif dari kata itu dengan mengikuti pola-pola dari wazan. Karena banyaknya bentuk perubahan kata dalam bahasa Arab santri mengalami kesulitan dalam melakukan tashrif suatu kata dalam bahasa Arab. Media pembelajaran tashrif pada ilmu sharaf ini dibangun untuk memudahkan santri maupun pengajar dalam mempelajari maupun menjelaskan materi Ilmu sharaf dengan adanya fitur kelolah materi, kelolah tashrif dan lain-lain dibagian backendnya, dan fitur bagian frontend menu belajar yang terdiri dari beberapa menu, diantaranya menu nashrif, menu materi, menu audio dan lain-lain. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara studi literatur, observasi dan wawancara, sedangkan metode pembuatan perangkat lunak menggunakan pemodelan waterfall. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis berbasis objek dengan tools Star UML, dengan pemodelan data menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram) serta pemodelan fungsionalnya menggunakan Diagram Aktivity. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukannya pengujian alpha dan betha terhadap media pembelajaran tashrif pada ilmu sharaf, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tashrif pada ilmu sharaf berbasis mobile memudahkan santri maupun pengajar dalam mempelajari maupun menerangkan materi-materi ilmu sharaf karena media pembelajaran tashrif pada ilmu sharaf berbasis mobile memiliki fitur kelolah materi, kelolah tashrif dan lain-lain, serta fitur menu belajar yang terdiri dari beberapa menu, diantaranya menu nashrif, menu materi, menu audio dan lain-lain. Kata kunci : Ilmu Sharaf, tashrif, Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Sharaf, tashrif, Media Pembelajaran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:56
Last Modified: 16 Nov 2016 07:56
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18424

Actions (login required)

View Item View Item