Pepen, Asep (2011) Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Tamu Villa Teratai Lembang Bandung.
Full text not available from this repository.Abstract
Teknologi informasi telah membawa dampak yang begitu luas khususnya didalam dunia bisnis dan organisasi. Dengan adanya teknologi informasi, proses data dan informasi merupakan bagian penting didalam dunia bisnis dan organisasi khususnya penginapan karena dapat diproses dengan cepat, akurat dan tepat waktu. Villa Teratai merupakan salah satu perusahaan persero yang bergerak di bidang jasa yang menyediakan jasa penginapan dan pelayanan fasilitas Villa. Dalam sistem informasi yang ada di Villa Teratai belumlah sepenuhnya berjalan maksimal, hal ini dapat dilihat pada proses yang berjalan pada bagian Front Office masih dilakukan secara manual yaitu dilakukan dengan proses Pencatatan pada Reservation form dan Registrasi form, yang mengakibatkan kurang efektif dan efisien dalam pelayanannya sehingga memperlambat proses pelayanan tamu Villa. Metode pengembangan sistem dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan metode Prototyping. Karena dengan metode prototyping ini peneliti dan objek yang diteliti dapat saling berinteraksi selama proses perancangan system. Adapun tahapan-tahapan yang diterapkan pada metode ini terdiri dari pegumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan system, menguji system, evaluasi system, dan menggunakan system. Sedangkan metode pendekatan sistem penulis menggunakan pendekatan terstruktur yang terdiri dari Bagan Alir Dokumen (Flow Map), Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Kamus Data, Normalisasi, Relasi Tabel, dan ERD. Dan untuk implementasi serta perancangan program penulis menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Databade SQL Server 2000 serta Crystal Reports sebagai tampilan output dari aplikasi yang penulis buat. Dengan adanya Sistem informasi pelayanan tamu Villa pada Villa Teratai Lembang yang tepusat pada pengolahan data Villa, data tamu, dan data administrasi check-in maupun reservasi Villa akan sangat membantu guna mendukung kualitas dan aktifitas kerja untuk mengedepankan suatu pelayanan publik yang profesional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem informasi, Villa Teratai Lembang, Pelayanan tamu |
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:57 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:57 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/18800 |
Actions (login required)
View Item |