Nyoman Martin Adiputra, I (2011) Penerapan E-Commerce Penjualan Buku Pada CV. Puisma Utama. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Promosi pada Toko Buku Puisma Utama menjadi salah satu faktor bagaimana penjualan buku dapat meningkat lebih baik daripada biasanya. Selain promosi buku yang kurang, proses menejemen buku dan pesanan masih dilakukan secara manual sehingga membutuhkan dana dan biaya serta waktu yang kurang efektif. Permasalahan tersebut akan menghambat kemajuan Toko Buku Puisma Utama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu solusi yang tepat. Penjualan melalui internet yang disebut E-Commerce merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan adanya E-Commerce, diharapkan biaya promosi menurun, lingkup promosi produk semakin luas serta menejemen buku dan pesanan menjadi lebih efektif. Sehingga keuntungan dan kemajuan Toko Buku Puisma Utama dapat dicapai.br / Dalam membangun sistem E-Commerce ini menggunakan metodologi Waterfall. Metodologi Waterfall merupakan metodologi pembangunan sistem yang dilakukan secara menurun dari proses pengumpulan data, analisis sistem, perancangan sistem, pengkodean sistem, pengujian sistem dan pemeliharaan sistem. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan pemilik toko buku. Analisis sistem menggunakan alat untuk menggambarkan sistem yaitu DFD (Data Flow Diagram) sedangkan analisis konseptual menggunakan ERD (Entity Relationship Diagram). Pengkodean sistem dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan penyimpanan data dilakukan pada MySQL. Pengujian Sistem dilakukan dengan pengujian Alpha dan pengujian Beta. Setelah dilakukan pengujian, pemeliharan sistem mesti dilakukan guna menjaga konsistensi sistem. Dengan metode ini diharapkan pembangunan sistem E-Commerce yang dibuat menjadi lebih teratur dan baik.br / Pada sistem ini, pemilik toko dapat mengelola data toko seperti menejemen buku, menejemen laporan, menejemen pesanan, menejemen pembayaran dan hal lainnya. Pelanggan pun dapat memesan buku, melakukan pembayaran, melihat detail suatu buku dan hal lainnya. Dengan adanya kemudahan tersebut, baik permasalahan pemilik toko maupun permasalahan pelanggan dapat teratasi dengan baik.br / iibr / Berdasarkan proses yang telah dilakukan pada sistem ini, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya sistem E-Commerce dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ada pada Toko Buku Puisma Utama baik dari sisi penjualan, promosi, maupun menejemen data.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DFD, ERD, Waterfall, E-Commerce |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2011 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:58 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:58 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/19919 |
Actions (login required)
View Item |