Sistem Informasi Pengadaan Barang Pada Kantor Bagian Perlengkapan Di Unikom

Septian, Denys (2013) Sistem Informasi Pengadaan Barang Pada Kantor Bagian Perlengkapan Di Unikom. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kantor bagian perlengkapan Unikom masih menggunakan sistem manual dalam pelaksanaan kerjanya, sistem manual menyulitkan kantor bagian perlengkapan dalam melaksanakan pengadaan barang dan pengajuan barang, sering terjadi kesalahan dalam pengisian data dan kesulitan dalam pembuatan rekap pengajuan dan berita acara penyerahan. Kantor bagian perlengkapan memiliki tugas pokok yang diantaranya adalah melayani pengajuan barang dan melakukan pengadaan barang. Dibutuhkan sistem yang tepat untuk bisa mengatasi permasalahan tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka sistem informasi pengadaan barang berbasis web akan diterapkan. Dengan sistem ini kantor bagian perlengkapan dapat melakukan pengadaan barang dengan mudah, karena dengan sistem informasi pengadaan barang berbasis web staff perlengkapan dapat melakukan pengadaan barang serta berinteraksi dengan vendor selaku penyedia barang melalui sistem tanpa bertatap muka seperti pengadaan barang konvensional. Sistem informasi pengadaan barang juga menangani pengajuan barang, pemohon dapat melakukan pengajuan melalui sistem tanpa harus mengirim surat kepada bagian perlengkapan seperti yang sedang berjalan saat ini. Sistem ini dibangun dengan menggunakan PHP sebagai pemograman web dan menggunakan MySQL sebagai pengolahan databasenya. Sedangkan metode untuk membangun sistem ini menggunakan Waterfall Model serta menggunakan Entity Relational Diagram (ERD) dan Data Flow Diagram (DFD) sebagai pemodelannya. Dengan adanya sistem informasi pengadaan barang berbasis web ini proses pengadaan barang dan pemilihan vendor sebagai penawaran terbaik menjadi lebih mudah, proses pengolahan data pengajuan barang menjadi lebih mudah dan pencarian data menjadi lebih cepat karena data lebih terstruktur, Kesalahan pengisian data pengajuan oleh staff bagian perlengkapan teratasi karena pengajuan diisikan langsung oleh pemohon ke dalam sistem informasi pengadaan barang dan pembuatan laporan dan berita acara penyerahan menjadi lebih mudah karena data yang terstruktur memudahkan untuk dikelola.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kantor Bagian Perlengkapan, Sistem Infomasi Pengadaan Barang berbasis web, Pengajuan Barang, Pengadaan Barang
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20304

Actions (login required)

View Item View Item