Pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship Management Di Akhbar Print

Rahadian, Rifki (2016) Pembangunan Sistem Informasi Customer Relationship Management Di Akhbar Print. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Akhbar Print adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital printing. Keadaan yang ada saat ini di Akhbar Print adalah saat konsumen telah melakukan transaksi, pihak Akhbar Print tidak melakukan kontak lagi dengan konsumen. Hal ini menyebabkan Akhbar Print kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan dari konsumen tersebut. Selain itu Akhbar Print belum melakukan segmentasi konsumen, hal tersebut menyebabkan Akhbar Print kesulitan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan kelompok konsumen. Dengan menerapkan konsep CRM (Customer Relationship Management), perusahaan dapat mengidentifikasi konsumen potensial dengan melakukan segmentasi konsumen. Tujuan dari proses segmentasi konsumen adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Model RFM merupakan model untuk menentukan segmentasi konsumen berdasarkan recency, frequency, dan monetary. Yaitu teknik pengelompokan konsumen dari transaksi berdasarkan transaksi terakhir dilakukan, banyaknya transaksi yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan rata-rata total pembelian yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang dibangun telah mencapai tujuan yaitu membantu dalam penggunaan data konsumen secara maksimal sehingga memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat bagi pihak manajemen. Pengambilan keputusan dilaksanakan setelah melalui proses analisis, pemodelan, dan evaluasi terhadap data yang tersimpan di basis data untuk menghasilkan sebuah hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan konsumennya. Kata kunci: Konsumen, CRM, segmentasi, RFM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konsumen, CRM, segmentasi, RFM
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item