Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Algoritma Dan Pemrograman Java Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction Di SMK Negeri 11 Bandung

Ocktavia Kharismawati, Wupi (2016) Pembangunan Media Pembelajaran Interaktif Algoritma Dan Pemrograman Java Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction Di SMK Negeri 11 Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

SMK Negeri 11 Bandung merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang bertempatkan di Jalan Budhi Cilember, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Cicendo. Berdasarkan hasil wawancara, siswa kelas XI jurusan RPL di SMK negeri 11 wajib mempelajari mata pelajaran kompetensi inti yang mengacu pada kurikulum 2013 dan mengajarkan mengenai algoritma dan pemrograman java. Pembelajaran kompetensi inti saat ini masih menggunakan metode konvensional. Masalah yang dialami adalah kurangnya penggambaran logika materi yang disampaikan sehingga siswa merasa kesulitan dalam memahami konsep mata pelajaran algoritma dan pemrograman java, selain itu guru juga merasa kesulitan dalam memantau perkembangan nilai siswa. Media Pembelajaran Interaktif Algoritma dan Pemrograman Java merupakan aplikasi yang dibangun dengan menerapkan metode pembelajaran Computer Assisted Instruction (CAI) yang di dalamnya membahas materi algoritma dan pemrograman java, latihan soal, evaluasi, dan simulasi. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian alfa (black box) yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak, dan pengujian beta yang dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian mengenai media pembelajaran yang dibangun, didapatkan presentase sebesar 79.03014% dari hasil kuisioner 33 siswa, dan presentase sebesar 10% berdasarkan pengujian pretest dan posttest maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini dapat mempermudah siswa SMK Negeri 11 Bandung dalam menguasai dan memahami pembelajaran algoritma dan pemrograman java.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemrograman Java, Algoritma, Media Pembelajaran, Computer Assisted Instruction, Multimedia.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20355

Actions (login required)

View Item View Item