Eko Nugroho, Hardiyansah (2016) Pembangunan Sistem Pengenalan Huruf Braille Interaktif Berbasis Mobile Di SLBN A Citeureup. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
SLBN A Citeureup sebagai suatu institusi pendidikan bagi tunanetra mendidik siswa-siswinya yang belajar abjad braille sejak dini. Huruf braille merupakan huruf yang berupa kombinasi titik-titik timbul yang cara membacanya dengan cara diraba. Ada beberapa masalah yang muncul pada siswa kelas 2 SD tunanetra pada saat mempelajari braille. Diantaranya kesulitan dalam membuat beberapa pola huruf braille yang mirip , salah menggunakan reglet dan stylus serta cara belajar yang kurang menyenangkan, sehingga membuat siswa kurang termotivasi. Maka dari itu perlu dibangun sebuah aplikasi pembelajaran pengenalan huruf braille yang memotivasi siswa untuk belajar, serta membuat suasana belajar jadi lebih menyenangkan. Aplikasi yang dibangun nantinya harus sesuai dengan karakteristik penggunanya yaitu siswa tunanetra kelas 2 SD. Maka metode UCD (User Centered Design) merupakan metode perancangan yang tepat untuk membantu pembangunan aplikasi. Dengan digunakannya metode UCD dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dihasilkan membuat anak tunanetra sangat antusias, hal ini dikarenakan aplikasi yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan yang siswa yang ingin belajar dengan cara yang menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Braille, User Centered Design, SLBN A Citeureup |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:59 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20376 |
Actions (login required)
View Item |