Daya Tarik Isi Acara Siaran Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) Radio Republik Indonesia Jakarta Pusat Dalam Memberikan Informasi Bagi Pendengarnya

Baasith Akbar, Ahmad (2011) Daya Tarik Isi Acara Siaran Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) Radio Republik Indonesia Jakarta Pusat Dalam Memberikan Informasi Bagi Pendengarnya. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Daya Tarik Isi Acara Siaran Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) Radio Republik Indonesia Jakarta Pusat Dalam Memberikan Informasi Bagi Pendengarnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui daya tarik rasional, daya tarik emosional, dan daya tarik moral dari acara Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) Radio Republik Indonesia.br / Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, yang menjadi subjek penelitian ini adalah staff Divisi Produksi, sedangkan informan diambil sebanyak 3 orang dari staff Divisi Produksi yang bertanggung jawab langsung dalam produksi acara Opini mahasiswa Jakarta (OMJ) sebagai informan kunci dan 2 orang mahasiswa pendengar sebagai informan pendukung. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, internet searching, dan dokumentasi. Teknik analisis deskriptif kualitatif dengan melakukan analisis dan pengelolaan data dengan menyusun daftar pertanyaan hasil wawancara.br / Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya Tarik Rasional acara Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) adalah melalui informasi aktual yang bisa memberikan pendengar pengetahuan dan wawasan baru. Selain itu, pendengar diberi ruang untuk menyampaikan aspirasinya. Daya Tarik Emosional acara Opini Mahasiswa Jakarta (OMJ) adalah penyajian acara yang bersifat interaktif dengan suasana acara yang rileks, bersahabat, semangat dan tetap kritis dan Daya Tarik Moral adalah dengan memberikan nasihat-nasihat dan pesan berisikan motivasi kepada pendengar sehingga pendengar memiliki ketertarikan mendengarkan.br / Kesimpulan dari Daya Tarik Isi acara Opini Mahasiswa Jakarta adalah melalui pemberian informasi yang aktual yang dapat menambah wawasan dan memberikan ruang untuk menyampaikan aspirasi bagi pendengar dengan suasana yang kondusif dengan menghadirkan suasana mahasiswa serta memberikan pesan-pesan atau nasihat sarat moral yang dapat memotivasi para pendengarnya.br / Saran dari peneliti bagi acara Opini Mahasiswa Jakarta agar lebih sering mengundang narasumber mahasiswa atau tokoh masyarakat yang berkompeten dalam bidangnya langsung ke studio serta bekerjasama dengan kampus-kampus sekitar Jakarta mengadakan penyuluhan dan seminar-seminar tentang acara OMJ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Isi Acara, Opini
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20535

Actions (login required)

View Item View Item