Laksono Suparmo, Budi (2011) Kampanye Optimalisasi Program Bulan Dana PMI 2011 Cabang Kota Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Bandung merupakan kota yang memiliki tingkat kepadatan penduduk terbanyak di Provinsi Jawa Barat. Menurut Lukman Ismail selaku Kepala Badan Pusat Statistik Jawa Barat mengatakan bahwa jumlah penduduk Kota Bandung yaitu 2.393.633 orang. Disamping itu Bandung juga merupakan salah satu daerah yang sering tertimpa bencana, entah itu bencana alam maupun bencana yang diakibatkan oleh manusia sendiri. Dibalik semua kejadian tersebut, terdapat peran serta PMI sebagai pelayan masyarakat dibidang sosial kemanusiaan.br /br /br / Sebagai organisasi sosial kemanusiaan yang netral dan mandiri, PMI memiliki tujuan untuk meringankan penderitaan sesama manusia akibat bencana tanpa membedakan latar belakang korban yang akan ditolong. Karena memiliki sifat mandiri tersebut, semua kegiatan yang dilakukan PMI tidak bergantung kepada pemerintah. Sebagai wujud kemandiriannya adalah Program Bulan Dana.br /br /br / Dari data yang diperoleh di lapangan melalui wawancara dengan Staf Bidang Humas PMI Kota Bandung mengatakan bahwa Bulan Dana merupakan pengumpulan dana di masyarakat yang dilaksanakan pada bulan Juli hingga September, dan biasanya diperpanjang selama 3 bulan jika belum mencapai target. Program Bulan Dana Kota Bandungbr /br /br / 1br /br /br / dari awal hingga sekarang tidak mengandalkan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah), melainkan usaha PMI yang bekerja sama dengan instansi, lembaga, sekolah, perusahaan yang hasilnya akan dirasakan oleh masyarakat. Akan tetapi karena kurangnya sosialisasi yang dilakukan PMI, sehingga masyarakat belum begitu mengerti mengenai program ini.br /br /br / Pelaksanaan Bulan Dana dari tahun ke tahun selalu mencapai target, akan tetapi itu terlaksana setelah melalui perpanjangan waktu selama 3 bulan. Menurut Kristin Munandar selaku Kepala Subbag Infokom dan Organisasi PMI Kota Bandung mengatakan Bulan Dana pada tahun 2007 menargetkan 850 juta dan terkumpul 828 juta. Tahun 2008 menargetkan 850,5 juta dan terkumpul 968 juta. Tahun 2009 menargetkan 900 juta dan yang terkumpul adalah 1.065 juta. Sedangkan pada tahun 2010 kemarin menargetkan 900 juta dan yang terkumpul adalah 996 juta. Disini terjadi penurunan hasil sumbangan pada tahun 2010 kemarin.br /br /br / Dengan melihat latar belakang permasalahan yang ada, maka penulis bertujuan membuat sebuah kampanye sosial yang memberikan informasi kepada masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye, Optimalisasi, Program |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2011 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:59 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/20566 |
Actions (login required)
View Item |