Peranan Japan International Cooperation Agency (JICA) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia

Farida Iryani, Tri (2011) Peranan Japan International Cooperation Agency (JICA) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini ialah mengenai sejauh mana peranan Japan International Cooperation Agency (JICA) dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten Barru periode 2007-2010. Upaya yang dilakukan oleh JICA bagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam hal meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Upaya tersebut diwujudkan dengan dibuatnya suatu program yaitu PRIMA Pendidikan (PRIMA-P). Kerangka pemikiran dalam penelitian ini diantaranya ditunjang oleh teori-teori sebagai berikut : Teori Ilmu Hubungan Internasional, serta Kerjasama Internsional. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Deskriptif Analitis dimana dengan menggunakan metode ini dapat menggambarkan bagaimana sebuah proses kerjasama internasional serta peran dari organisasi internasional dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten Barru dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Hipotesis yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu: ��Japan International Cooperation Agency memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan yang ditandai dengan meningkatnya kualitas pendidikan dalam hal isi atau ruang lingkup materi, proses pembelajaran, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana, pengelolaan serta pembiayaan��. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa JICA memiliki peranan yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang ditunjukkan oleh adanya peningkatan keberhasilan yang signifikan dari program yang dilaksanakan untuk proses peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Barru. Berdasarkan data-dtaa yang terkumpul serta hasil analisis dari peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diatas telah teruji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Japan International Coperation Agency (JICA), Kualitas Pendidikan di Indonesia
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Hubungan Internasional > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:59
Last Modified: 16 Nov 2016 07:59
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21000

Actions (login required)

View Item View Item