Maulana, Fahmi (2016) Redesain Sekolah "Bandung Independent School". Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan dunia pendidikan semakin meningkat dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi. Berbagai sistem pendidikan mulai diterapkan dari berbagai metode hingga langkah-langkah untuk mencerdaskan anak dengan baik. Dunia ilmu saat tidak hanya berfokus dalam metode belajar namun telah diterapkan metode belajar dengan memasukkan unsur bermain, agar meningkatkan daya tarik anak dalam menggali ilmu. Salah satu metode atau langkah yang saat ini berkembang adalah suatu pembelajaran yang berbasis kurikulum Internasional. Kurikulum ini diterapkan diberbagai sekolah-sekolah dibelahan dunia agar mereka mampu bersaing secara global. Sekolah yang berbasis internasional mulai merebak dan mulai menjadi salah satu metode belajar yang dicari oleh kalangan orang elit salah satunya adalah Sekolah ��Bandung Independent School��. Sekolah ��Bandung Independent School�� adalah sekolah yang menerapkan metode belajar berbasis kurikulum internasional yang telah berdiri sejak 40 tahun lalu. Sekolah ini didirikan oleh kumpulan orang tua ekspatriat dikota bandung untuk menunjang pendidikan anak mereka dalam melanjutkan sekolah diluar negeri. Sekolah ini menerapkan berbagai hal metode belajar yang diterapkan diberbagai negara, namun karena sekolah ini berdiri sebelum kurikulum internasional terbentuk, maka terjadi ketidakkesimbungan antara metode belajar dengan ruang belajar sehingga menjadikan ruang belajar tidak sesuai dengan metode kurikulum yang diterapkan. Sekolah ��Bandung Independent School�� memerlukan penyegaran dalam aspek ruang belajar dan tatanan ruang sehingga akan menghadirkan ruang yang sesuai dengan konsep pembelajaran yang diterapkan. Kurikulum Internasional yang diterapkan oleh BIS (Bandung Independent School) yaitu kurikulum International Baccalaurade, yaitu kurikulum yang menerapkan suatu sistem belajar aktif dan menyenangkan sehingga para siswa tidak melakukan metode belajar pasif namun aktif. Berbagai aspek yang ada menjadikan perlunya penyegaran gedung sekolah tanpa harus meninggalkan identitas budaya lokal, sehingga sekolah internasional dibandung memiliki karakter dan ciri khas dengan berbagai sekolah dikota ataupun negara lainnya. Pemilihan konsep dengan menerapkan kegiatan aktif dan menyenangkan maka diperlukan ruang-ruang yang dapat menyesuaikan pergerakan mereka selama proses kegiatan belajar berlangsung. Ruang belajar juga harus mampu menjadi ruang yang dapat mudah dijangkau dan dipantau agar keamanan dan kenyamanan anak dapat terjaga dengan baik. Konsep ��Flexible�� dan ��Clear�� adalah bentuk penerapan konsep yang dapat memberikan keleluasan anak dalam bergerak dan aman. Konsep ��Flexibel�� menerapkan ruang anak yang dapat menyesuaikan kegiatan anak sehingga ruangan dapat aktif mengikuti pergerakan anak. Konsep ��Clear�� yaitu suatu ruang yang memiliki peran dalam memberikan respon terhadp pengguna agar mudah dijangkau dan dipantau sehingga kegiatan anak dapat dimonitor oleh para guru atau penjaga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah. Flexible, Clear |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Arsitektur > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Arsitektur (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:59 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:59 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21006 |
Actions (login required)
View Item |