Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Vendor Di PT. Meshindo Jayatama

Malik, Ahsan (2015) Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Vendor Di PT. Meshindo Jayatama. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Meshindo Jayatama sebagai sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan atau trading menjadikan aktifitas penjualan produk sebagai aktifitas yang setiap harinya harus selalu ada. Inverter dan Servopack merk Yaskawa menjadikan produk utama yang dijual PT. Meshindo Jayatama, sedangkan produk KEB dijadikan sebagai jasa service center. Produk diluar merk Yaskawa dan KEB, perusahaan melakukan kerjasama dengan vendor yang lain, misalnya merk Schneider Electric. Kerjasama dengan vendor lain dilakukan oleh perusahaan dengan cara seleksi vendor yang terkait. Banyak penawaran-penawaran yang tidak berhasil menghasilkan pemesanan dari pelanggan dan hanya satu atau dua item yang dipesan dari banyaknya item yang ditawarkan sehingga yang terjadi adalah target penjualan yang sudah ditetapkan tidak tercapai, karena manager kesulitan dalam memilih vendor untuk direkomendasikan. Perbandingan vendor sangat penting dilakukan oleh PT. Meshindo Jayatama yang terjadi antar vendor �� vendor sebelum terjadi penjualan dengan end customers. Oleh karena itu perlu dibangun sebuah sistem keputusan secara komputerisasi yang nantinya akan menentukan vendor terbaik yang bisa dipertanggungjawabkan. Maka pemodelan ANP (Analytic Network Process) merupakan sebuah model yang tepat untuk membantu pembangunan sistem keputusan yang mampu menyelesaikan permasalahan pemilihan vendor yang terjadi di perusahaan. Diharapkan sistem yang dibangun nantinya sesuai dengan kebutuhan didalam pemilihan vendor sehingga membantu memudahkan PT. Meshindo menentukan vendor mana yang harus dipilih. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat memudahkan pengambil keputusan dalam merekomendasikan vendor terbaik, dengan telah dibangunnya sistem pendukung keputusan diharapkan dapat membantu proses evaluasi pemilihan vendor yang dilakukan oleh pengambil keputusan sehingga dapat menguraikan permasalahan yang kompleks dan tidak terstruktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemilihan vendor, sistem pendukung keputusan, ANP (Analytic Network Process), PT. Meshindo Jayatama.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21146

Actions (login required)

View Item View Item