Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Group Bakrie Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013)

Susilantino, Neta (2015) Pengaruh Asimetri Informasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Group Bakrie Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fenomena yang berkaitan dengan asimetri informasi pada perusahaan BNBR tahun 2008, perusahaan ini tidak melakukan keterbukaan informasi laporan keuangan kepada publik. Sedangkan ukuran perusahaan pada perusahaan UNSP diduga melakukan manipulasi laporan keuangan mereka tahun 2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, dan untuk mengetahui pengaruh Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba maka digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah penggunaan regresi linier, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan aplikasi SPSS 21.0 for windows untuk memperkuat perhitungan secara manual. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi diketahui bahwa hubungan Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba adalah sangat kuat dan searah. Pengaruh Asimetri Informasi terhadap Manajemen Laba adalah sebesar 16,84, sedangkan pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba adalah sebesar 44,61%. Hasil uji t menunujukkan bahwa Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen Laba, dengan demikian maka hipotesis penulis yang mengungkapkan Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Manajemen Laba terbukti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan, Manajemen Laba,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item View Item