Nurlatipah, Yeni (2011) Video Tutorial Tanoshii Kana Sebagai Media Alternatif Dalam Pembelajaran Hiragana. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Hiragana digunakan untuk kata-kata bahasa Jepang di mana kanji tidak dapat dipakai secara mudah, kata-kata yang merupakan simbol sebuah bunyi, akhiran kata-kata yang terkonjungsi seperti kata kerja, kata sifat, partikel, atau kata sandang, kata kerja bantu, dan yang sejenis. Lagi pula kata ganti, kata keterangan, dan kata sambung serta nama tumbuhan, hewan lebih baik ditulis dalam bentuk Hiragana. Proses belajar mengajar merupakan suatu proses komunikasi, dengan kata lain proses penyampaian pesan yang berupa ajaran atau didikan dari sumber pesan ke penerima pesan. Penyajian video tutorial dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan bervariasi sehingga pembelajar menjadi lebih termotivasi dalam belajar. Dalam penelitian ini dibahas mengenai proses pembuatan video tutorial interaktif pembalajaran huruf Hiragana adapun beberapa perangkat keras digunakan penulis adalah video kamera (camrecorder) lengkap dengan media penyimpanannya (MiniDV), Lighting 2000watt untuk membuat kwalitas video lebih baik dari segi pencahayaan sehingga visual menjadi lebih terlihat contras dan menarik untuk dilihat. Adapun perangkat yang digunakan dalam video tutorial ini adalah Corel Video Studio X3 dan DVD Movie Factory 6. Peneliti melakukan uji responder terhadap siswa SMAN 1Banjaran yang dilakukan pada mulai tanggal 28 Juni- 2 Juli 2011 dari uji responder tersebut nilai kriterium yang didapat adalah sebesar 333. Pada interval rating scale nilai tersebut mendekati interval baik. Berdasarkan data tersebut penulis menyimpulkan bahwa responden menilai tampilan dan materi pada video tutorial ��Tanoshii Kana�� ini termasuk baik dan dapat dikategorikan sebagai media alternatif. Adapun saran-saran dari responder adalah sebagai berikut: video tutorial ��Tanoshii Kana�� ini masih memerlukan penyempurnaan, mulai dari Audio video yang tidak sama terdengar volumenya, sehingga berpengaruh pada kenyamanan dan penyampaian materi yang disampaikan oleh tutor. Selain itu beberapa responder memberikan saran agar penulis membuat edisi pembelajaran katakana dan kanji. Durasi video lebih diperpanjang agar huruf-huruf dakuon, handakuon dan yoon dapat dipaparkan seperti huruf hiragana sebelumnya. Contoh kosakata lebih diperbanyak. Agar lebih menarik latar video diberi nuansa Jepang. Diberikan sedikit contoh kalimat atau partikel bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Tutorial, Tanoshii Kana, Media Alternatif Pembelajaran, Hiragana |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2011 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:00 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:00 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21507 |
Actions (login required)
View Item |