Perancangan Sistem Informasi Absensi Dan Penggajian Karyawan Pada RSAU Dr. M. Salamun

Leksmana, Angga (2011) Perancangan Sistem Informasi Absensi Dan Penggajian Karyawan Pada RSAU Dr. M. Salamun. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit sebagai salah satu institusi layanan masyarakat umum, dapat dipastikan membutuhkan keberadaan sistem informasi yang akurat dan handal, yang cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien. Sistem informasi merupakan salah satu bagian penting dalam mempermudah mengelola dan menjalankan sebagian kegiatan perusahaan. Khususnya pada karyawan-karyawan yang bekerja di instansi-instansi pada RSAU Dr. M. Salamun, yang terpenting harus terlebih dahulu mengisikan kehadiran berupa absensi, yang dilakukan setiap hari selama bekerja di instansi tersebut, hal ini berfungsi untuk sebagai bukti bahwa karyawan tersebut telah bekerja pada instansi RSAU Dr. M. Salamun. Dan setiap karyawan melakukan absensi, ada pengaruhnya juga terhadap data penggajian karyawan tersebut. Yaitu data penggajian dihitung berdasarkan data absensi karyawan tersebut ketika melakukan pengisian absensi. Apabila seorang karyawan tidak melakukan absensi, karena tidak masuk/hadir sebanyak satu kali, maka uang makan yang diberikan kepada karyawan akan dipotong satu kali juga oleh bagian keuangan, dan gaji karyawan tersebut akan dipotong. Oleh karena itu data absensi berperan penting sekali dengan data penggajian karyawan.br /br / Melihat permasalahan yang ada, maka metode penelitian yang digunakan selama penelitian adalah metode pengumpulan data, metodologi pengembangan sistem, metode pendekatan sistem. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, survei dan wawancara. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Prototype. Adapun metode desain yang ada akan digambarkan dalam bentuk bagan alir dokumen (flowmap), diagram konteks, data flow diagram, dan kamus data. Dan untuk penggambaran perancangan basis datanya akan digambarkan dalam bentuk Normalisasi,Relasi Tabel, Entity-Relationship Diagram (ERD).Pembuatan sistem informasi absensi dan penggajian karyawan ini menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 dan untuk databasenya menggunakan SQL Server 2000. Dengan diterapkan aplikasi Sistem Informasi absensi dan penggajian karyawan maka akan mempermudah dan membuat lebih efektif pelayanan absensi dan penggajian karyawan pada RSAU. Dr. M. Salamun Bandung. br / Pembuatan sistem informasi absensi dan penggajian karyawan ini menggunakan program Microsoft Visual Basic 6.0 dan untuk databasenya menggunakan SQL Server 2000. Dengan diterapkan aplikasi Sistem Informasi ini maka akan mempermudah dan mempercepat proses pelayanan dan pengolahan data.br /

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Absensi dan Penggajian, Metode Prototype, Microsoft Visual Basic 6.0, SQL Server 2000.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2011
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:00
Last Modified: 16 Nov 2016 08:00
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/21568

Actions (login required)

View Item View Item