Pembangunan Aplikasi E-Commerce Di CV. Cure-Hate Production

Adrian Sitompul, Bambang (2012) Pembangunan Aplikasi E-Commerce Di CV. Cure-Hate Production. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Cure-Hate Production adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang penjualan dan produksi barang konveksi dan kerajinan lukis. Proses kegiatan usaha di CV. Cure-Hate Production masih menerapkan sistem semi-konvensional. Prosedur pemasaran dan penjualan produk ditawarkan melalui situs-situs jejaring sosial, sedangkan pengelolaan data laporan penjualan, data pelanggan, dan data stok barang masih dilakukan secara manual. Hal ini merupakan faktor timbulnya kesulitan dalam mengatasi permasalahan update data stok, manajemen data pelanggan, dan pembuatan laporan penjualan yang dibutuhkan secara cepat, cermat, dan tepat. Metode analisis perancangan aplikasi e-commerce di Cure-Hate Production menggunakan metode object oriented. Metode pembangunan perangkat lunak menggunakan model waterfall. Pemodelan perancangan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML), sedangkan untuk pemodelan data menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). Sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Aplikasi e-commerce yang dibangun memberikan berbagai kemudahan bagi pelanggan dan pihak perusahaan. Pelanggan dapat melakukan proses pemesanan, melihat riwayat pemesanan, pengajuan retur barang, dan melakukan pembayaran dengan tiga cara yaitu; transfer bank, cash on delivery (COD), dan paypal. Aplikasi e-commerce ini juga menyediakan layanan bagian administrasi bagi pihak perusahaan dalam mengelola data katalog produk, data pelanggan, data pemesanan dan retur barang, pencetakan laporan produk, pesanan, dan retur barang, serta melakukan proses perawatan sistem seperti backup dan restore data. Berdasarkan hasil pengujian secara alpha (dengan menggunakan metode black-box), dan betha (berdasarkan pengumpulan data kuesioner dari berbagai tipe pengguna) didapatkan hasil bahwa sistem secara keseluruhan telah berjalan sesuai dengan kebutuhan dan mencapai hasil yang sesuai dengan yang diharapkan dalam membantu kegiatan penjualan, pemasaran produk, pengolahan stok, meningkatkan kinerja aktivitas lainnya di CV. Cure-Hate Production, dan terutama untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Konveksi, e-commerce, pembayaran online, paypal, internet, UML.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:01
Last Modified: 16 Nov 2016 08:01
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/22458

Actions (login required)

View Item View Item