Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Koran Pikiran Rakyat Studi Kasus PT. Pikiran Rakyat

Aditya Prakasa, Yogi (2013) Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Koran Pikiran Rakyat Studi Kasus PT. Pikiran Rakyat. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koran merupakan salah satu bentuk media massa yang sudah ada sejak beratus tahun lalu, dan menjadi bagian dari masyarakat. Koran berfungsi sebagai media informasi dan sarana edukasi bagi masyarakat. Salah satu yang menjadi tantangan bagi industri koran khususnya PT. Pikiran Rakyat Bandung dalam beberapa tahun terakhir adalah sangat berkembangnya peran teknologi informasi, terutama internet sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi bagi masyarakat. Penyampaian informasi melalui koran biasanya berupa teks dan gambar 2D, hal itu menjadi salah satu alasan bagi para anak-anak dan remaja untuk tidak memilih koran sebagai tempat pencari informasi dan lebih memilih media online dan menonton televisi. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality penyampaian informasi yang didapat akan lebih menarik dan interaktif yaitu berupa video atau animasi 3D yang ditambahkan pada koran. Dalam penerapanya, pembaca cukup menunjukkan gambar di koran ke depan komputer dengan fasilitas webcam yang tersambung ke internet, lalu akan muncul video bergerak atau animasi. Berdasarkan uraian tersebut, maka dibangun sebuah aplikasi yaitu aplikasi ARNewspaper, sebuah aplikasi yang berbasis web dan diintegrasikan pada pikiran rakyat online. Aplikasi ARNewspaper ini dibangun menggunakan metode markerless. Metode ini merupakan metode yang dikembangkan oleh IN2AR. Pada metode ini menggunakan gambar pada koran sebagai marker (penanda). Berdasarkan hasil pengujian hasil pengujian Alpha yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem bebas dari kesalahan sintaks dan secara fungsional mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian betha dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem yang dibangun mudah digunakan (user friendly), bermanfaat dan dapat membantu pengguna dalam mendapatkan informasi pada koran yang lebih interaktif, hal ini sesuai dengan persentase jawaban setiap pengguna atau responden terhadap pertanyaan (kuisioner) yang telah disebarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi ARNewspaper, Augmented Reality ,Markerless, IN2AR, Pikiran Rakyat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23083

Actions (login required)

View Item View Item