Pengembangan Aplikasi Permainan Arcade-Shooter

Iskandar, Decky (2013) Pengembangan Aplikasi Permainan Arcade-Shooter. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Era komputer sebagai platform bagi permainan video telah dimulai sejak tahun 1950-an. Arcade-shooter merupakan jenis permainan video yang sempat menjadi primadona di masa keemasan permainan video. Seiring berjalannya waktu, sang primadona pun telah ditinggalkan para pemujanya. Berdasarkan data hasil penelitian melalui observasi, wawancara, serta kuesioner yang dilakukan oleh penulis terhadap komunitas pemain arcade game, ketertarikan para peminatnya berkurang disebabkan oleh beberapa hal seperti kesedarhanaan gameplay ��alur permainan��-nya, tampilan grafis yang tidak atraktif, audio yang terkesan kuno, kurang variatifnya jenis musuh, dan kontrol navigasi karakter pesawat yang buruk. Pengembangan aplikasi arcade-shooter menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangannya mengacu pada permainan arcade-shooter konvensional yang kemudian dievolusi pada sisi gameplay, tampilan, dan audio. Metode rekayasa perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangannya adalah dengan pendekatan berorientasi objek dengan UML 2.0 sebagai kakas dokumentasinya. Rekayasa balik dilakukan pada tahap awal, kemudian berlanjut dengan melakukan evolusi terhadap gameplay, tampilan, dan audio. Teknis dari evolusi yang dilakukan diantaranya dengan menerapkan game AI Finite State Machine dengan bounding rectangle collision detection sebagai pemicu event-nya. Setelah melalui tahapan yang sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih, maka tahap implementasi dilakukan. Setelah itu, tahap pengujian dilakukan yang terdiri dari pengujian alpha dengan metode white box dan pengujian beta dengan teknik kuesioner kepada komunitas pemain arcade game yang dilibatkan sebelumnya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi secara keseluruhan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Aplikasi permainan hasil pengembangan ini dapat menumbuhkan kembali dan meningkatkan tingkat ketertarikan pengguna aplikasi permainan terhadap permainan ber-genre arcade-shooter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Permainan, Arcade-shooter, ArkAId XIV, Finite State Machine, Bounding Rectangle Collision Detection
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23120

Actions (login required)

View Item View Item