Istiqomah, Nurul (2013) Pengenalan Kesenian Ondel-Ondel Jakarta Kepada Anak-Anak Melalui Media Permainan : Board Game. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Merancang alat bantu untuk mengenalkan sejarah, fungsi, pembuatan, bahan-bahan yang digunakan, dan orang-orang yang berperan atau terlibat di dalam kesenian Ondel-ondel yang merupakan kesenian asli dari Betawi yang saat ini sudah mulai banyak ditinggalkan seiring perkembangan zaman kepada anak-anak usia 8-12 tahun. Pengenalan kesenian ini dilakukan melalui media yang lebih menarik minat anak dan sesuai dengan karakteristik serta mengandung aspek-aspek psikologis anak, karena media pembelajaran yang hanya menggunakan buku teks dinilai kurang efektif. Untuk itu dibutuhkan media pengenalan kesenian Ondel-ondel yang bersifat menyenangkan yaitu melalui media permainan yang sesuai dengan karakteristik anak-anak dan mengandung semua aspek psikologis anak. Media permainan board game dipilih karena saat ini lebih banyak permainan yang hanya mengandung aspek kognitif seperti play station dan game online tanpa memperhatikan aspek afektif dan psikomotorik yang dapat menyebabkan anak memiliki sifat individualisme tinggi. Dengan menggunakan bentuk dan warna yang sesuai dengan karakteristik anak serta tantangan-tantangan yang ada di board game ini, anak akan lebih tertarik mengenal kesenian Ondel-ondel karena mereka dapat belajar sambil bermain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesenian tradisional, Ondel-ondel, Anak-anak, Aspek psikologis anak, Board game |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2012 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:02 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:02 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23148 |
Actions (login required)
View Item |