Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Pada PT. Kimia Farma (Persero), Tbk. Plant Bandung

Istiningdiah, Fanti (2013) Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Struktur Modal Terhadap Profitabilitas Pada PT. Kimia Farma (Persero), Tbk. Plant Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ukuran perusahaan dan struktur modal merupakan beberapa faktor yang berpengaruh dalam tingkat profitabilitas perusahaan. Pada tahun 1997-2009, kondisi yang terjadi pada PT. Kimia Farma (Persero), Tbk. Plant Bandung menunjukan bahwa dalam ukuran perusahaan, struktur modal, dan profitabilitas mengalami fluktuasi tetapi sangat sedikit. Namun di tahun 2010, ukuran perusahaan dan struktur modal mengalami penurunan, sedangkan nilai profitabilitas meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (X1) dan struktur modal (X2) terhadap profitabilitas (Y) baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan neraca dan laba rugi selama kurun waktu 40 tahun yaitu pada tahun 1971 sampai dengan tahun 2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah data sebanyak 15 tahun. Metode statistic yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu dengan menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sama halnya dengan struktur modal yang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Selain itu secara simultan baik ukuran perusahaan maupun struktur modal berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Profitabilitas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23230

Actions (login required)

View Item View Item