Sriyanto (2001) Tinjauan Strategi Produk - Pasar CN-235 Guna Merumuskan Strategi Bisnis dalam Situasi Perubahan Lingkungan Industri dan Bisnis.
Full text not available from this repository.Abstract
Perubahan lingkungan eksternal dalam tiga tahun belakangan ini menyebabkan PT.Dirgantara Indonesia mengalami masalah keuangan. Untuk beberapa tahun mendatang diperkirakan penjualan pesawat terbang CN-235 akan mengalami penurunan, salah satu penyebab dari masalah ini adalah munculnya pesaing-pesaing dengan produk-produk barunya, sedangkan produk yang direncanakan akan menggantikan posisi CN-235 yaitu N-250 berada dalam status tidak menentu,dengan demikian produk CN235 menjadi produk inti yang diharapkan dapat memperbaiki keuangan perusahaan. Inti permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana menentukan strategi bisnis yang tepat agar perusahaan dapat bertahan dengan produk yang ada. Diperlukan suatu upaya penyesuaian strategis untuk mengatasi kondisi ini pada tingkat bisnis unit dan operasional. Untuk itu perlu dikembangkan alternatif-alternatif strategi bisnis yang tepat. Dimulai dengan tinjauan tujuan perusahaan, dilanjutkan dengan tinjauan produk CN235 dan segmen pasarnya kemudian analisis lingkungan eksternal guna memformulasikan peluang dan ancaman dan dilanjutkan analisis peluang pasarnya. Bench marking digunakan untuk mengevaluasi kondisi internal perusahaan, sedangkan kekuatan dan kelemahan dianalisis dengan pendekatan SWOT. Strategi Generik dari Porter digunakan untuk memformulasikan alternatif strategi, kemudian dilanjutkan dengan pemilihan strategi yang sesuai dan akhirnya Implementasi dari strategi. Dari tinjauan produk-pasar CN235 menunjukkan bahwa pada segmen pasar pesawat transport komersial, CN235 sudah sangat berat untuk bersaing dengan produk baru. Segmen pasar pesawat transport militer berat medium dan utilitas militer adalah segmen yang masih terbuka untuk CN235 karena mempunyai fitur perancangan yang sesuai dan persaingan di segmen ini relatif sedikit. Strategi yang sesuai dengan kondisi internal perusahaan saat ini adalah startegi keunggulan biaya menyeluruh guna menghasilkan produk yang kompetitif dalam harga dan dukungan purna jual yang sesuai dengan harapan pelanggan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Manufacture > Manag. Of Business Adm.-Tech. > 2001 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:37 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/2329 |
Actions (login required)
View Item |