Ariful Husna, Mufti (2016) Perancangan Sistem Penjualan Dan Pembelian Baju Pada Distro Molly Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Moli Clothing merupakan satu dari sekian banyak badan usaha yang bergerak di bidang penjualan pakaian. Di dalam proses bisnisnya Moli Clothing masih menggunakan cara konvensional. Media promosi yang digunakan saat ini masih terbatas yaitu dengan cara saling memberi informasi antar pelanggan, serta melalui brosur yang berisi katalog produk yang ada di toko. Hal ini akan menjadi masalah apabila terjadi perubahan data mengenai produk yang ditawarkan, maka perusahaan harus mempromosikannya kembali yang menyebabkan biaya yang besar untuk kegiatan tersebut. Promosi ini juga menyebabkan pembeli yang belum mengetahui letak Moli Clothing harus bersusah payah mencari lokasi Moli Clothing untuk membeli produk yang mereka inginkan.Aplikasi e-commerce menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi Moli Clothing. Dalam proses pembangunan aplikasi e-commerce ini menggunakan teknik analisis data yaitu menggunakan metode pembangunan perangkat lunak secara waterfall. Untuk metode aliran data sistem menggunakan metode terstruktur yaitu menggunakan DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data. Aplikasi e-commerce ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian Front End dan Back End. Bagian Front End digunakan untuk pengujung dan pelanggan, yang dilengkapi dengan fasilitas pendaftaran member, dapat melakukan pembelian, pembayaran melalui PayPal maupun transfer antar bank atau melalui rekening, tracking barang, serta retur barang. Bagian Back End dikelola oleh pihak toko yang terdiri dari pengolahan data master, data transaksi, pembuatan laporan, serta backup dan restore database. Aplikasi e-commerce ini dilengkapi dengan Security Socket Layer (SSL) untuk memberikan jaminan keamanan kepada pelanggan maupun bagi pemilik perusahaan.Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta terhadap layanan e-commerce di Moli Clothing, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa layanan e-commerce ini mempermudah Moli Clothing dalam mempromosikan produknya kepada pembeli dengan media sarana promosi yang baik, mempermudah pembeli untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai produk yang dijual di Moli Clothing serta pembeli dapat lebih mengetahui keberadaan Moli Clothing, membantu Moli Clothing dalam menjual produknya dengan mengikuti gaya hidup masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Information System,Sales, Structured approach, prototype |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2015 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:02 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:02 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23367 |
Actions (login required)
View Item |