Pengaruh Situasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Iklim Komunikasi Organisasi Staff Karyawan Dan Pengajar Di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung

Ragamulya, Galuh (2015) Pengaruh Situasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Iklim Komunikasi Organisasi Staff Karyawan Dan Pengajar Di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh situasi kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap iklim komunikasi organisasi saff karyawan dan pengajar di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. Maka untuk menjawab masalah diatas peneliti menganaliasa relasi pemimpin-anggota, struktur tugas, kekuasaan jabatan, pembuatan keputusan partisipatif, kebutuhan dalam komunikasi kebawah, mendengarkan dalam komunikasi keatas, dan perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja tinggi.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah staff karyawan dan pengajar di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung yang berjumlah 37 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, studi kepustakaan, dan studi internet. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat hubungan antara variabel digunakan koefisien korelasi Rank Spearman.Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh dari relasi pemimpin-anggota terhadap iklim komunikasi, ada pengaruh dari struktur tugas terhadap iklim komunikasi organisasi, ada pengaruh dari kekuasaan jabatan terhadap iklim komunikasi organiasi, ada pengaruh dari situasi kepemimpinan terhadap pembuatan keputusan, ada pengaruh situasi kepemimpinan terhadap keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, ada pengaruh dari situasi kepemimpinan terhadap mendengarkan dalam komunikasi ke atas, ada pengaruh dari situasi kepemimpinan terhadap perhatian pada tujuan-tujuan berkinerja, ada pengaruh dari situasi kepemimpinan terhadap iklim komunikasi organisasi.Hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis, mengisyaratkan bahwa H0 ditolak, dengan demikian hipotesis penelitian H1 diterima. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa situasi kepemimpinan yang dilakukan Kepala Sekolah SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung mempunyai pengaruh, signifikan, dan bersifat searah terhadap iklim komunikasi organisasi staff dan karyawan.Saran yang dapat disampaikan pada penelitian ini adalah agar situasi kepemimpinan dari Kepala Sekolah, yaitu dengan terus menjaga kebersamaan dan silaturahmi dilingkungan kerja dan memperhatikan bagaimana iklim komunikasi organisasi di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Situasi Kepemimpinan, Iklim Komunikasi, SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:02
Last Modified: 16 Nov 2016 08:02
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23434

Actions (login required)

View Item View Item