Pengaruh Kurs Rupiah/Dolar Amerika Serikat Dan Harga Komoditi Nikel Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Logam Dan Mineral Yang Terdaftar Di BEI Pada Periode 1996-2010

Prayuda, Aldi (2013) Pengaruh Kurs Rupiah/Dolar Amerika Serikat Dan Harga Komoditi Nikel Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Logam Dan Mineral Yang Terdaftar Di BEI Pada Periode 1996-2010. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kurs mata uang adalah perbandingan nilai mata uang, kurs menunjukkan harga suatu mata uang jika dipertukarkan dengan mata uang lain. Harga jual komoditi umumnya harga jual produk atau komoditi yang ditentukan atau dibentuk oleh perimbangan permintaan dan penawaran dipasar, sehingga biaya bukan merupakan satu-satunya penentu harga jual. Laba bersih adalah selisih lebih pendapatan atas beban-beban dan yang merupakan kenaikan bersih atas modal yang berasal dari kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurs rupiah/dolar Amerika Serikat, harga komoditi nikel dan laba bersih, juga untuk mengetahui pengaruh kurs rupiah/dolar Amerika Serikat dan harga komoditi nikel terhadap laba bersih baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan pertambangan subsektor logam dan mineral. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder berupa pooled data yaitu laporan keuangan perusahaan pertambangan subsektor logam dan mineral terdiri dari data tahun 1996 sampai 2010. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji hipotesis yang dihitung secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan kurs rupiah/dolar Amerika Serikat dan harga komoditi nikel berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, dengan didapat hasil Fhitung > Ftabel, yaitu 171,212 > 3,35. Secara parsial, kurs rupiah/dolar Amerika Serikat berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih, dengan didapat hasil thitung < ttabel, yaitu 1,116 < 2,052. Sedangkan harga komoditi nikel berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih, dengan didapat hasil thitung > ttabel, yaitu 17,948 > 2,052.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kurs rupiah/dolar Amerika Serikat, harga komoditi nikel, laba bersih
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:03
Last Modified: 16 Nov 2016 08:03
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/23458

Actions (login required)

View Item View Item