Ramdhani, Suciyadi (2013) Proses komunikasi dalam kegaitan pembelajaran aksara tradisi di komunitas aksara Sunda Kuna (AKSAKUN). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Proses Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran Aksara Tradisi Sunda di Komunitas Aksara Sunda Kuna (Aksakun). Penelitian ini dirancang untuk menjawab permasalahan di atas, maka penelitian ini mempunyai sub fokus sebagai berikut: Interaksi, Pesan Verbal, Pesan Nonverbal dan Media yang digunakan dalam Proses Komunikasi Pembelajaran Aksara Tradisi Sunda di Komunitas Aksara Sunda (Aksakun). Sub fokus digunakan untuk mengukur fokus dari penelitian ini yang berjudul Proses Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Aksara Tradisi Di Komunitas Aksara Sunda Kuna (Aksakun).Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi deskripstif, dengan anggota Komunitas Aksakun sebagai subyek utama. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, jumlah informan dari penelitian ini adalah 5 (lima) orang anggota Komunitas Aksakun. Data penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan cara observasi,wawancara,dokumentasi, buku, skripsi penelitian terdahulu dan pencarian online. Untuk menguji keabsahan data digunakan perpanjang pengamatan, triangulasi sumber, teknik, waktu dan membercheck. Teknik analisis data adalah reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Interaksi Pembelajaran dapat ditentukan melalui Diskusi dan Metode yang Digunakan. 2. Pesan Verbal digunakan sebagai penunjang utama pembelajaran melalui bahasa. 3. Pesan Nonverbal yang ada melalui gerak tubuh, ekspresi wajah, Intonasi Suara dan Gambar. 4. Media yang digunakan diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) yaitu media grafis, media cetak, dan media online yang menunjang pembelajaran Aksara Sunda.Sebagai kesimpulan, Proses Komunikasi yang terjadi di Komunitas Aksakun, dapat menunjang proses pembelajaran Aksara Sunda secara efektif dalam pelatihan menerjemahkan Aksara Sunda. Hambatan dalam interaksi, penyampaian pesan verbal serta nonverbal dan media yang digunakan dalam pembelajaran tidak menjadi masalah utama berlangsungnya pembelajaran aksara sunda di komunitas aksakun.Sebagai saran, masyarakat agar menyikapi secara positif mengenai kegiatan pembelajaran aksara sunda. Untuk Komunitas Aksakun lebih memperbanyak intensitas pembelajaran diluar kelas agar masyarakat dapat memberikan perhatian terhadap sejarah budaya dan menanamkan nilai positif dalam pembelajaran aksara sunda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | AksaraTradisi Sunda, Proses Komunikasi |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:04 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24421 |
Actions (login required)
View Item |