Makna dalam kesenian sisingaan di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandun Barat ( studi etnografi komunikasi dalam kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat)

Muhammad Ismail, Osa (2013) Makna dalam kesenian sisingaan di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandun Barat ( studi etnografi komunikasi dalam kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Makna Dalam Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub focus-sub fokus penelitian yang meliputi Situasi simbolik, produk interaksi sosial, dan interpretasi.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan studi etnografi komunikasi melalui pendekatan interaksi simbolik. Subjek penelitian adalah pemain dan sesepuh Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan peneliti berjumlah 2 (dua) orang yang terdiri dari pemain Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan kunci berjumlah 2 (dua) orang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Untuk uji validitas data menggunakan uji kredibilitas. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan evaluasi.Hasil penelitian merujuk bahwa: 1. Situasi simbolik Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya terdiri dari objek fisik (benda) meliputi alat utama (boneka singa), alat musik (gendang, gamelan, terompet pencak, ketuk, kecrek, kentrung )dan pakaian (baju kampret, celana pangsi, ikat kepala), sedangkan objek sosial (perilaku manusia) meliputi perilaku verbal berupa beluk dan gerak tubuh yang ditampilkan pemain Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya 2. Produk interaksi sosial berupa makna yang terkandung dalam situasi simbolik Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya yang sebelumnya telah disepakati bersama dan nilai-nilai maknanya berkaitan dengan filosofi kehidupan manusia di dunia 3. Intrepretasi merupakan pemaknaan yang menuntut kemampuan integratif pemain Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya melalui indrawinya, daya pikirnya dan akal budinya yang menimbulkan tindakan terbuka berupa minat, pikiran dan perasaan serta tindakan terbuka yang berupa sikap dan ekspresi wajah yang ditampilkan oleh pemainnya.Kesimpulan Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya menunjukan suatu simbol budaya yang dimaknai bersama dan diinterpretasikan oleh pemainnya, dimana nilai-nilai budaya. Saran untuk pelaku Kesenian Sisingaan di Desa Sukajaya agar lebih diperkenalkan nilai-nilai tentang makna yang terkandung dalam Kesenian Sisingaan, khususnya tentang nilai-nilai makna Kesenian Sisingaan, sedangkan untuk masyarakat setempat agar lebih menaruh perhatian kepada kesenian sisingaan dimana kesenian ini merupakan kesenian khas adat Sunda yang dimana merupakan kesenian turun temurun dan dapat terus dilestarikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Situasi Simbolik, Produk Interaksi Sosial, Interpretasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24430

Actions (login required)

View Item View Item