Pembangunan aplikasi game puzzle And The Solver

Fauzan, Wahyudin (2013) Pembangunan aplikasi game puzzle And The Solver. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Game merupakan bentuk aplikasi komputer yang edukatif, artinya bisa dijadikan sebagai media pembelajaran dimana prosesnya bisa dilakukan dengan konsep belajar sambil bermain untuk anak-anak. Salah satu genre game yang dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi adalah puzzle game. Sebuah aplikasi game dengan tema kebudayaan Indonesia sebagai media pembelajaran kepada anak-anak akan sangat menarik, karena selain dapat meningkatkan intelektual anak juga dapat meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya melestarikan kebudayaan Indonesia. Salah satu puzzle game yang menarik untuk diterapkan pada sebuah game edukasi adalah permainan tebak kata dengan ditambahkan dengan sisi petualangan.Algoritma Greedy adalah algoritma yang untuk membentuk solusi langkah perlangkah. Pada setiap keputusan tidak perlu memperhatikan keputusan selanjutnya yang akan diambil, dan keputusan tersebut tidak dapat diubah lagi pada langkah selanjutnya. Algoritma greedy ini cocok untuk diterapkan pada aplikasi game tebak kata yang akan dibuat, karena pemain diwajibkan menjawab pertanyaan dengan langkah perlangkah. Path finding merupakan metode yang sangat dibutuhkan pada berbagai game, path finding digunakan untuk menentukan arah pergerakan suatu objek dari satu tempat ke tempat lain berdasarkan keadaan peta dan objek lainnya. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity 3d, sebuah software development yang terintegrasi untuk menciptakan video game atau konten lainnya seperti visualisasi arsitektur atau real-time animasi 3D.Berdasarkan pengujian white box dan black box yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan aplikasi game ini dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan serta aplikasi game yang dibangun ini telah cukup memenuhi tujuan awal pembangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game, puzzle game, Algoritma greedy, Path finding, Unity3D
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24450

Actions (login required)

View Item View Item