Konsep Diri Manusia Geobak Di KOta Bandung (Studi Deskriptif Konsep Diri Manusia Gerobak Di Kota Bandung Dalam Mengisi Aktifitas Sehari-hari)

Ramdani, Irman (2015) Konsep Diri Manusia Geobak Di KOta Bandung (Studi Deskriptif Konsep Diri Manusia Gerobak Di Kota Bandung Dalam Mengisi Aktifitas Sehari-hari). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri manusia gerobak di Kota Bandung. Untuk menjawab tujuan penelitian, maka peneliti menanyakan ketiga sub focus yaitu self, significan other dan reference group manusia gerobak di kota bandung.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptif. Peneliti melakukan penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan peneliti menggunakan Studi kepustakaan dan Studi Lapangan sebagai teknik pengumpulan data.Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang terdiri dari 3 orang manusia gerobak, dan 1orang sebagai significant other, 2 informan sebagai reference group. dan penelitian ini mengunakan uji keabsahan data dengan dua cara yaitu dengan cara berdiskusi dengan teman sejawan dan mengunakan membercheck Hasil penelitian menunjukan bahwa manusia gerobak memaknai diri (self) nya sama dengan keluarga pada umumnya mereka menjadi pemulung tidak lain untuk memenuhi kebutuhan keluarganya walaupun hidup di sebuagh gerobak. Kemudian significan other tidak terlalu mempengaruhi diri manusia gerobak di Kota Bandung kerena bekerja sebagai pemulung merupaka suatu keterpaksaan untuk menafkahi keluarganya kerena mencari pekerjaan sulit, reference group yang memandang mereka sebagai penyakit masyarakat tetapi manusia gerobak tidak terlalu mempengaruhinya kerena mereka merasa bahwa diri mereka sama dengan masyarakat pada umumnya yang membedakanya hanya nasib mereka yang harus menyebabkan mereka hidup di sebuah gerobak.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manusia gerobak menilai konsep diri mereka sebagai peribadi yang tidak pernah putus asa kepada kehidupan mereka, dan mereka merasa hidup mereka bebas.Saran yang dapat peneliti berikan adalah manusia gerobak harus mampu mengembangkan konsep diri sesuai dengan dirinya agar tidak ada pandangan negatif dari masyarakat sekitar dengan cara menjaga kebersihan bersih lingkungan dan lebih percaya diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Self, Significan Other, Reference Group
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2015
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24480

Actions (login required)

View Item View Item