Kristi Setiawan, Wedya (2013) Pembangunan game edukasi tajwid gembira untuk anak muslim. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Game merupakan salah satu hiburan yang sangat menarik. Perkembangan game saat ini sangat variatif, sehingga perkembangan game saat ini tidak terbatas hanya untuk hiburan saja tetapi telah berkembang menjadi game yang memberikan pembelajaran atau yang disebut game edukasi. Permasalahan-permasalahan yang teridentifikasi dan sering muncul dalam pembelajaran Alquran adalah tidak konsistennya penggunaan hukum dalam membaca Alquran, pengucapan vokal yang tidak sempurna dan metode penyampaian yang masih kurang inovatif membuat sistem pembelajaran yang ada menjadi membosankan untuk dipelajari.Model pengembangan perangkat lunak pada aplikasi ini dengan menggunakan waterfall, analisis perangkat lunak yang digunakan adalah menggunakan pemodelan berorientasi objek, dengan menggunakan bahasa pemodelan UML (Unified Modeling Language) untuk mendokumentasikan, menspesifikasikan, dan membangun system. Dimana yang digunakan adalah Usecase Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram. Kemudian untuk membangun aplikasi game edukasi ini menggunakan beberapa tools, untuk membuat animasi dan bitmap menggunakan Adobe Flash Cs3, Adobe CS4 untuk mengubah gambar agar lebih menarik, Adobe Soundbooth sebagai editing pada suara, dan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Actionscript3.Pengujian sistem terdiri dari pengujian alpha dan pengujian betha. Pengujian alpha menggunakan metode pengujian black box yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dan pengujian betha yaitu pengujian lapangan dengan memberikan kuisioner kepada Guru dan murid. Dari hasil pengujian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara fungsional, menghasilkan aplikasi game edukasi yang dapat menjadi alat bantu terhadap anak dalam pembelajaraan ilmu Alquran khususnya ilmu tajwid. Proses yang interaktif dan edukatif pada game ini membuat anak dapat memberikan motivasi lebih untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, game edukasi, metode waterfall, UML |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:04 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24570 |
Actions (login required)
View Item |