Pribadi, Beny (2013) Pembangunan game edukasi Smart Labyrinth berbasis desktop. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Game sebagai aplikasi yang interaktif dapat dijadikan media pembelajaran langsung dengan pola learning by doing yang disebut juga dengan game edukasi. Game edukasi memiliki potensi yang sangat besar dalam membangun motivasi pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara terhadap beberapa anak usia 9-12 tahun, anak-anak dengan usia tersebut masih gemar bermain game dan salah satu game yang masih banyak diminati adalah game dengan genre labirin (maze game). Di sekolah, matematika sangat diperlukan anak dalam mempelajari dan memahami pelajaran lain. Tetapi pada kenyataannya banyak anak merasa takut, enggan dan kurang tertarik terhadap pelajaran matematika. Anak-anak seringkali begitu tegang menghadapi pelajaran matematika bahkan beberapa anak menjadi hilang kepercayaan diri.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dirancang game edukasi yang berisi konten edukasi matematika dasar. Pembangunan aplikasi game edukasi ini menggunakan metodologi penelitian perangkat lunak dengan menggunakan metode waterfall dan untuk pemodelan data menggunakan metode pemodelan terstruktur. Game edukasi yang akan dibuat mengadaptasi konsep labirin (maze game) yang mana dimaksudkan untuk meningkatkan segi kognitif, afektif dan juga psikomotorik pada anak-anak.Game edukasi yang telah melalui tahapan yang sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih, maka dalam pengimplementasian game edukasi ini memiliki tindak lanjut pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dan pengujian beta yaitu pengujian lapangan dengan memberikan kuesioner kepada pengguna. Dari hasil pengujian alpha dan beta yang dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan hasil yang diharapkan, game edukasi yang dibangun sudah mampu menarik perhatian dan minat anak-anak, serta dapat menciptakan media pembelajaran yang interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game, edukasi, labirin, matematika |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 08:04 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 08:04 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24572 |
Actions (login required)
View Item |