Pembangunan e-learning untuk mata pelajaran Bahasa Inggris berbasis web (studi kasus SMA Pasundan 8 Bandung)

Marpiyanti, Siti (2013) Pembangunan e-learning untuk mata pelajaran Bahasa Inggris berbasis web (studi kasus SMA Pasundan 8 Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bahasa Inggris saat ini sudah sangat diperlukan oleh setiap orang dalam segala bidang, baik pendidikan maupun pekerjaan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia pembelajaran bahasa Inggris sudah mulai dipelajari sejak Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi. Pemberian materi pelajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya disesuaikan dengan kurikulum pembelajaran yang ditetapkan oleh pemerintah. Pembelajaran bahasa Inggris memiliki standar kompetensi yaitu mencakup mendengarkan (listening), berbicara (structure/tenses), membaca (reading), dan menulis (writing).Dalam proses pembangunan aplikasi e-learning ini menggunakan teknik pengembangan secara waterfall. Sedangkan metode aliran data sistem menggunakan metode pendekatan object oriented, dimana tools nya adalah UML (Unified Modelling Language) untuk menggambarkan sebuah sistem software yang terkait dengan objek. Tujuan yang ingin dicapai dari pembangunan sistem e-learning ini adalah membantu guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris yang meliputi tiga dari empat standar kompetensi yaitu listening, structure, dan reading. Setelah melalui tahapan sesuai dengan metode pengembangan yang dipilih maka dalam pengimplementasian sistem e-learning ini memiliki tindak lanjut pengujian sistem yang terdiri dari pengujian alpha dimana pengujian ini menggunakan metode blackbox yang berfokus pada persyaratan fungsional perangkat lunak dan pengujian beta yaitu pengujian lapangan dengan memberikan kuisioner kepada user aplikasi, yaitu admin, guru dan siswa yang memuat pertanyaan-pertanyaan mengacu pada tujuan akhir. etelah dilakukan pengujian alpha dan beta, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara fungsional sistem e-learning ini sudah dapat menghasilkan sebuah perangkat yang diharapkan dan mudah digunakan oleh seluruh user.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bahasa Inggris, e-learning, waterfall, UML.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2013
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 08:04
Last Modified: 16 Nov 2016 08:04
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item